Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jembatan Merah Sebagai Tempat Wisata di Surabaya, Apa Serunya?

MuriaNewsCom – Dibandingkan Jembatan Merah, sebenarnya ada sederet objek wisata di Surabaya yang bisa menjadi destinasi seru saat liburan. Yap, mulai dari Surabaya Museum (Gedung Siola), Tugu Pahlawan, Taman Bungkul, sampai House of Sampoerna. Kalau hanya mengunjungi jembatan saja, rasanya tidak perlu sampai repot-repot pergi ke Surabaya. Masuk akal dong? Pasti, tapi itu kalau kamu belum tahu cerita dan keunikan jembatan yang satu ini.

Dibangun pada 11 November 1743, Jembatan Merah merupakan bentuk kesepakatan Pakubuwono II dari Mataram dengan VOC. Pada masa itu, kawasan Jembatan Merah adalah daerah bisnis dan akses satu-satunya yang menghubungkan Kalimas dengan Gedung Pemerintahan di Surabaya. Beranjak ke sekitar tahun 1890an, Jembatan Merah mengalami renovasi, di mana pagar pembatas yang sebelumnya adalah kayu, diubah menjadi besi.

Tidak jauh dari Jembatan Merah, kamu bakal menemukan kawasan Kembang Jepun yang dikenal dengan nama Kya-Kya yang terkenal sebagai pusat makanan di Kota Pahlawan ini. Selain itu sekitar 300 meter di kawasan jembatan itu juga sudah dikembangkan sebagai kampung pecinan. Nah, seperti sejarah awalnya, sekarang ini Jembatan Merah menyediakan akses untuk kalian pergi menuju berbagai tempat wisata menarik dan menyenangkan di Surabaya.

Kenapa bisa begitu? Sebabnya, kalian akan dengan mudah mengunjungi berbagai tempat seperti gedung bersejarah bekas Bank Javasche Soerabaia, Gereja Santa Perawan Maria, Surabaya Heritage Tour, Masjid Ampel, hingga Museum Sampoerna hanya dengan melewati Jembatan Merah ini saja. Kalau masih belum puas, kamu juga bisa mengunjungi Pasar Pabean dan Klenteng Hong Tiek Hian yang semuanya berjarak tidak lebih dari 1 km dari Jembatan Merah lho.

Hanya dengan melalui jembatan ini, nyatanya kalian sudah bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata seru dan menarik yang ada di Surabaya. Suasana yang ada di sekitar Jembatan Merah ini juga masih kental dengan nuansa klasik Kota Pahlawan di masa lalu. Jadi buat kalian yang hobi mengabadikan momen seru dalam potret foto dan mencari suasana otentik dari tempat yang kalian kunjungi, Jembatan Merah adalah salah satu objek wisata Surabaya yang Instagram-able banget!

Juga, tidak butuh banyak biaya untuk pergi mengunjungi berbagai tempat wisata di Surabaya yang menyenangkan dan bikin kamu jadi lebih mengenal sejarah Negara sendiri. Tidak cuma sekedar tahu Jembatan Merah sebagai judul lagu dari salah satu musisi kenamaan Indonesia, Gesang. Nah lho, kamu juga baru tahu kalau jembatan unik ini adalah inspirasi Gesang dalam menulis salah satu lagunya? Karena itu kalau ada rencana untuk pergi berlibur ke Surabaya, pastikan Jembatan Merah masuk dalam daftar tujuan tempat wisatamu. Jadi selain memberi akses ke tempat-tempat wisata seru, Jembatan Merah pun bisa membawamu pergi ke masa lalu dari kota Surabaya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...