Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Borobudur Lebih Menguntungkan Bagi Yogyakarta, Begini Tanggapan DPRD Jateng

0 745

MuriaNewsCom, Semarang – Keberadaan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, seharusnya bisa menjadi hal yang menguntungkan bagi Provinsi Jateng. Namun selama ini yang lebih banyak mendapatkan hasil secara maksimal dari candi tersebut justru Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pasalnya, kebanyakan turis yang datang ke Candi Borobudur lebih memilih menginap dan menghabiskan waktunya di Yogyakarta.

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi menyayangkan kondisi ini. Ia mendesak Pemprov Jateng dan Pemkab Magelang mampu memaksimalkan potensi Candi Borobudur.

“Pemerintah daerah harus bisa mendorong masyarakatnya agar bisa memaksimalkan potensi borobudur itu. Sangat disayangkan, jika potensi ini justru dimanfaatkan daerah lain,” katanya.

Menurut Rukma, potensi pariwisata Borobudur ini perlu dikembangkan, sehingga perekonomian masyarakat Magelang ikut terangkat. Untuk itu, Pemkab Magelang perlu memperhatikan dan mengembang infrastruktur pendukung, sehingga dapat meningkatkan potensi ekonomi daerah.

“Kesiapan infrastruktur akses menuju objek wisata perlu diperhatikan. Persoalan itu sangat menunjang pertumbuhan ekonomi di daerah. Semua itu butuh perencanaan matang dari dinas terkait. Potensi wisata bisa dioptimalkan dengan dukungan infrastruktur yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto mengatakan pemkab melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan secara bertahap telah mengembangkan sektor wisata dan kesenian. Hal itu bisa dilihat dari peran serta masyarakat dalam event kesenian tingkat nasional.

“Kami tetap berupaya agar potensi-potensi tersebut bisa dikelola optimal dan mampu memberikan pendapatan untuk daerah,” kata Tavip.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.