Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hujan Deras, 3 Desa di Kecamatan Grobogan Siaga Banjir

MuriaNewsCom, GroboganWarga yang ada di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Grobogan saat ini tengah bersiap siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir. Hal itu dilakukan seiring turunnya hujan deras di wilayah pegunungan Kendeng Utara, Senin (26/2/2018).

Hujan yang mengguyur sejak siang hingga sore menyebabkan sungai-sungai dikawasan itu mulai penuh air. Bahkan, sebagian sudah meluap, namun belum menjangkau ke pemukiman warga.

”Iya, ini kita minta warga untuk waspada banjir. Kondisi sungai sudah penuh akibat hujan deras,” kata Kades Lebak Kasman.

Selain Desa Lebak, ancaman banjir juga berpotensi terjadi di Desa Putatsari dan Tanggungharjo. Posisi kedua desa ini berada di bawah Desa Lebak.

Sebelumnya, bencana banjir bandang sempat melanda sejumlah desa di wilayah Kecamatan Grobogan, Jumat malam hingga Sabtu (10/2/2018) lalu. Dampak banjir paling parah terjadi di Desa Lebak, dan Putatsari karena ada ratusan rumah yang sempat kemasukan air hingga 50 centimeter.

Selain itu, ada banjir bandang juga sempat menjangkau wilayah Desa Teguhan, Karangrejo, dan Ngabenrejo. Banjir pada tiga desa ini terjadi akibat pergerakan air dari wilayah Desa Lebak dan Putatsari.

Banjir bandang terjadi akibat hujan deras di wilayah Desa Sumberjatipohon dan Lebengjumuk sejak sore hingga waktu isak. Hujan deras mengakibatkan sungai-sungai di kawasan itu tidak mampu menampung debit air sehingga meluap ke persawahan dan pemukiman penduduk.

Sementara itu, Camat Grobogan Nur Nawanta ketika dimintai komentarnya menyatakan, saat ini, kondisi sungai memang sudah penuh tetapi air masih bisa mengalir normal. Meski demikian, warga disejumlah desa langganan banjir diminta waspada karena debit sungai diprediksi masih bisa naik karena hujan belum berhenti.

”Saya ini sedang keliling ke lokasi. Beberapa ruas jalan sudah kena luapan air. Tapi, belum ada laporan banjir yang menggenangi rumah penduduk,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...