Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kerugian Terbakarnya Kudus Plaza Ditaksir Mencapai Puluhan Miliar

MuriaNewsCom, Kudus – Kerugian akibat terbakarnya Kudus Plaza, Kamis (22/2/2018) lalu,diperkirakan mencapai Rp 22,6 miliar.

Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kudus Eko Djumartono mengatakan hal itu, saat mengunjungi Kudus Plaza, Senin (26/2/2018). Saat itu ia mendampingi Bupati Kudus Musthofa.

Dirinya mengatakan, perkiraan kerugian tersebut hanya pada bangunan aset daerah saja. Sementara untuk total kerusakan dan bencana belum bisa dirinci.

“Kami masih menunggu loss adjuster dari asuransi serta penelitian tim Laboratorium Forensik, Bareskrim Mabes Polri Cabang Semarang,” tuturnya.

Dirinya mengatakan, bangunan dari Kudus Plaza sudah diasuransikan. ‎Eko menyebut, bangunan tersebut sudah ada sejak akhir tahun 80an. Setelahnya pada tahun 90an, dikelola oleh pihak ketiga dan disewakan kepada Matahari Department Store, selama 20 tahun.

Selama kurun waktu 20 tahun, bangunan Kudus Plaza kemudian diserahkan kembali lagi ke Pemkab Kudus. Matahari Department Store pun kembali memperbaharui kontrak, hingga tahun 2019.

Corporate PR Manager Lippo Malls Indonesia Nidia Icsan mengatakan, seluruh aset yang ada di MDS Kudus telah dilindungi oleh lembaga keuangan non finansial. Menurutnya, hingga saat ini manajemen Kudus Plaza terus berkoordinasi dengan pihak pemadam kebakaran dan kepolisian untuk menyelidiki terjadinya insiden kebakaran tersebut.

Sementara itu Bupati Kudus Musthofa menyebut, akan memperbaiki pusat perbelanjaan tersebut dan digunakan seperti sebelumnya. Namun hal itu akan menunggu kajian teknis.

“Kami akan segera memanggil pihak manajemen,” ucapnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...