Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPBD Janji Bakal Segera Tangani Bencana Longsor di Kalirejo Grobogan

MuriaNewsCom, GroboganBencana talud sungai Lusi yang longsor di Desa Kalirejo, Kecamatan Wirosari mendapat respon dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan. Rencananya, longsornya talud akan ditangani secara darurat. Hal itu disampaikan Kepala BPBD Grobogan Agus Sulaksono saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (24/2/2018).

Menurut Agus, penanganan darurat akan difokuskan untuk mencegah longsoran makin meluas. Terutama, longsoran yang langsung mengancam rumah warga. Untuk penanganan lebih lanjut, BPBD tidak memiliki kewenangan. Soalnya, kawasan longsor itu menjadi kewenangan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

”Penanganan longsor tetap kita lakukan meski sifatnya darurat. Kita upayakan agar rumah disekitar lokasi longsor itu bisa aman,” jelasnya.

Seperti diberitakan, belasan warga di Desa Kalirejo terancam kehilangan tempat tinggal. Kondisi ini terjadi menyusul adanya musibah longsor yang menggerus talud sungai Lusi di belakang pemukiman warga.

Musibah longsor itu sebenarnya sudah terjadi sekitar delapan bulan lalu. Namun, hingga saat ini, belum ada upaya penanganan dari instansi terkait.

Lambannya penanganan menyebabkan longsornya talud makin bertambah parah. Akibatnya, sudah ada sembilan rumah warga rusak parah. Bahkan, diantaranya ada yang sudah roboh separuh bangunan rumahnya.

Beberapa warga ada yang menggeser maju bangunan rumahnya karena khawatir roboh kena longsor. Kemudian, ada warga yang sudah membangun rumah lagi di lokasi lainnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...