Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

32 Barung se-Kabupaten Blora Berebut Jadi yang Tergiat dalam Ajang Pesta Siaga

MuriaNewsCom, Blora – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Blora menggelar ajang pesta siaga 2018, Kamis (22/2/2018). Peserta pesta siaga tingkat kabupaten atau kwarcab ada 32 tim atau barung. Masing-masing terdiri dari 16 barung putra da 16 barung putri yang merupakan perwakilan dari 16 Kwarran/Kecamatan se-Kabupaten Blora.

Pesta Siaga 2018 yang ditempatkan di SMPN 1 Bogorejo dibuka langsung oleh Bunda Umi Kulsum bersama Bupati Djoko Nugroho yang menjabat Kamabicab dan Wakil Bupati Arief Rohman selaku Ketua Kwarcab Blora.

Umi Kulsum yang juga bertindak sebagai pembina upacara Pesta Siaga 2018 mengucapkan selamat berlomba kepada para peserta. Ia berpesan agar para pramuka selalu berani untuk tampil meraih prestasi demi kemajuan bersama.

”Bunda sangat bahagia bisa hadir di tengah adik-adik semua. Kalian semua adalah anak-anak pilihan dari 16 Kwarran untuk tampil disini dalam Pesta Siaga. Jangan takut, jangan minder. Kalian harus berani mempertunjukkan kemampuan kalian,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Umi Kulsum yang tidak lain adalah istri Bupati Djoko Nugroho tersebut juga berpesan kepada adik-adik pramuka untuk ikut menjaga dan menyayangi lingkungan. Terlebih saat musim hujan seperti ini kerap terjadi banjir dan tanah longsor.

”Ayo kita tanam pohon sebanyak-banyaknya di sekitar kita agar alam tidak rusak. Sehingga saat musim hujan seperti ini tidak terjadi banjir dan tanah longsor. Selain merawat lingkungan, harus taat beribadah dan patuh kepada orang tua,” lanjutnya.

Bupati Djoko Nugroho mengapresiasi diadakannya event tahunan Pesta Siaga oleh Kwarcab Blora. Menurutnya, dengan pesta siaga, anak-anak bisa melatih dan mengasah kemampuan diri dalam hal pengetahuan, keberanian, kekompakan dan rasa percaya diri.

”Ini acara yang sangat bagus dalam membangun karakter anak. Disini mereka dilatih kerjasama, saling menolong, kekompakan dan keberanian. Mereka semua adalah bibit unggul, generasi Blora yang pintar dan berani dari seluruh wilayah berkumpul bersama,” tegasnya.

Selain upacara, pembukaan Pesta Siaga juga dimeriahkan dengan serangkaian acara. Antara lain, kuis pengetahuan, tari gambyong, kesenian barongan, pencak silat, penanaman pohon, pelepasan balon dan burung merpati, serta senam bersama goyang Maumere.

Terpisah, Ketua Kwarcab Blora Arief Rohman mengatakan, kegiatan Pesta Siaga tahun 2018 ini dilaksanakan bersamaan dengan hari lahirnya Bapak Pandu Dunia Boden Powell.

”Di sini anak-anak akan berlomba menunjukkan keahlian di bidang pengetahuan, kekompakan, seni budaya dan ketangkasan lainnya yang memuat nilai kemandirian, kerjasama, nasionalisme, tolong menolong dan kebernian. Setidaknya ada 11 pos penilaian yang didirikan panitia untuk menilai kemampuan masing-masing tim. Semoga ini bisa mewujudkan generasi penerus yang kuat,” terangnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...