Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nelayan Merasa Dibohongi, Sudirman Said Minta Ada Solusi Permanen Soal Cantrang

MuriaNewsCom, Tegal – Permasalahan yang dihadapi nelayan cantrang, hingga kini sebenarnya belum mendapatkan solusi yang terbaik. Kebijakan presiden yang kembali memperbolehkan kapal cantrang kembali berlayar, dinilai bukan solusi jangka panjang.

Oleh karenanya, calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said pemerintah pusat memberi solusi permanen menganai masalah ini.

“Saya berharap segera ada regulasi yang dapat membuat para nelayan bisa berlayar secepatnya dan selama-lamanya, tanpa ada hambatan,” katanya.

Sudirman Said menyebut banyak mendapat keluhan dari para nelayan. Termasuk ketika Rabu (21/2/2018) kemarin, saat berdialog dengan ratusan nelayan di kampung nelayan Muara Reja, Tegal.

Dia kembali menegaskan, nelayan dan pemerintah harus memiliki solusi permanen, bukan solusi yang setelah satu tahun dijalankan setelah itu diributkan lagi, terutama dalam hal cantrang.

“Secara praktis saat ini nelayan tidak bisa bekerja karena tidak punya alternatif. Dan itu membuat nelayan sangat tidak tenang karena tidak bisa melaut,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, para nelayan juga kembali mengeluhkan mengeluhkan mengenai cantrang. Kebijakan presiden yang memperbolehkan cantrang melaut, ternyata berbeda saat di lapangan.

“Para nelayan merasa dibohongi. Presiden sudah membolehkan cantrang, tapi kenyataannya nelayan yang ingin melaut dihambat dengan aturan-aturan yang memberatkan nelayan,” kata sesepuh nelayan Tegal, Hadi Santoso.

Nelayan lainnya, Said Aqil mengatakan, sampai saat ini dirinya was-was jika melaut, karena adanya peraturan khususnya soal cantrang.

“Saya dan kawan-kawan saat ini melaut tidak tenang. Masak mencari ikan di laut sendiri seperti melaut di negeri orang, di tempat asing,” akunya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...