Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

APK Calon Gubernur di Grobogan Dipreteli, Begini Kata KPU

MuriaNewsCom, GroboganKeberadaan alat peraga kampanye (APK) Pilkada Jateng yang sebelumnya marak diberbagai tempat, saat ini sudah tidak terlihat lagi. Hal ini menyusul adanya upaya pencopotan APK secara serentak yang dilakukan pihak Panwaslu Grobogan, Selasa (20/2/2018) kemarin. Tindakan itu dilakukan karena APK yang terpasang dinilai illegal.

Meski demikian, pasca pencopotan tersebut, belum ada pemasangan lagi APK baru. Yakni, APK yang resmi dicetak dari KPU selaku pihak penyelenggara pilkada.

Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif menyatakan, untuk APK pilkada disediakan oleh KPU Provinsi Jateng. Hingga saat ini, pihaknya belum menerima APK dari KPU provinsi karena barangnya masih dalam proses pembuatan.

”APK resmi nanti dicetak KPU provinsi. Tetapi, masih dalam proses pengadaan jadi belum ada yang dipasang,” jelasnya, Rabu (21/2/2018).

Sementara itu, Ketua Panwaskab Grobogan Agus Purnama menegaskan, sesuai PKPU Nomor 4 dan Peraturan Bawaslu nomor 12, APK yang resmi dicetak oleh KPU. Mengingat saat ini KPU belum mencetak, maka semua APK yang dipasang mandiri oleh oleh pasangan calon maupun tim suksesnya dianggap ilegal.

”Selasa kemarin, kita sudah lakukan penertiban serentak pada APK yang dipasang mandiri oleh pasangan calon (paslon) atau tim suksesnya. APK itu kita nilai ilegal karena pemasangannya tidak sesuai ketentuan yang berlaku,” cetusnya.

Agus mengatakan, sebelumnya, pihaknya sudah melayangkan surat ke tim sukses untuk menurunkan APK sendiri dengan toleransi waktu 3 x 24 jam. Sambil menunggu reaksi dari tim sukses, Panwas sudah mulai bergerak melakukan penertiban APK secara serentak di Kabupaten Grobogan hingga bersih.

”Dalam penertiban, kami juga melibatkan KPU dan Satpol PP. Kami mengimbau kepada tim sukses paslon untuk tidak memasang APK lagi karena pasti akan kita turunkan,” katanya

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...