Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Durian Lokal Blora yang Ditampilkan dalam Festival Langsung Ludes Diserbu Warga

MuriaNewsCom, Blora – Festival durian varietas lokal Kabupaten Blora yang digelar di kawasan Blok S Kecamatan Jepon, berlangsung meriah, Selasa (20/2/2018). Puluhan warga, terlihat antusias untuk menyaksikan festival durian lokal yang baru pertama digelar tersebut.

Tidak hanya itu, para pengunjung juga rela saling berebutan demi bisa mencicipi durian yang dipajang dalam festival tersebut. Tidak hanya bapak-bapak saja, aksi rebutan durian juga dilakukan ibu-ibu yang hadir dalam acara tersebut. Tak ayal, hanya dalam hitungan menit pasca pembukaan festival, puluhan durian itu langsung ludes diserbu warga.

“Saya sengaja datang untuk menyaksikan festival sekaligus ingin mencicipi durian lokal khas Blora. Sayangnya, saya hanya sempat mencicipi sedikit saja tadi,” kata Indah, warga Jepon yang hadir dalam festval tersebut.

Pembukaan fesitval durian dilakukan Bupati Blora Djoko Nugroho. Hadir pula, Kapolres Blora AKBP Saptono, Sekda Blora Bondan Sukarno dan sejumlah terkait lainnya.

Bupati Blora Djoko Nugroho menyatakan, diharapkan dengan adanya acara tersebut, potensi buah-buahan yang ada di Blora bisa semakin dikenal. Khususnya, potensi buah durian.

“Lewat festival durian lokal ini menunjukkan bahwa Blora tidak hanya identik dengan tanaman jati saja. Tetapi, Blora punya durian dan buah-buahan lainnya yang tidak kalah dengan daerah lain,” cetusnya.

Djoko juga mengajak warga agar gemar menanam buah-buahan. Menurutnya, dengan menanam buah, hasilnya bisa segera dirasakan dibandingkan dengan menanam jati.

“Kalau menanam jati yang harus menunggu puluhan tahun baru panen. Ayo menanam buah saja karena bisa cepat panen,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Reni Miharti menambahkan, luas kebun durian di Blora tahun ini sudah mencapai lebih dari 50 hektar. Kebun durian tersebut di Kecamatan Tunjungan, Todanan, Japah, Ngawen, Kunduran, dan Jepon.

“Hari ini, durian kita lombakan varietas lokalnya. Nanti yang menang akan dikembangkan menjadi buah durian lokal unggulan Blora,” paparnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...