Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan Tower Rampung, Warga Keyongan Grobogan Sudah Gampang Dapat Sinyal

MuriaNewsCom, Grobogan – Kesulitan sinyal telepon di Desa Keyongan, Kecamatan Gabus saat ini tinggal kenangan. Setelah pembangunan tower yang dilakukan Telkomsel rampung, warga setempat sudah mudah mendapatkan sinyal untuk akses komunikasi melalui handphone.

Sebelum ada tower, untuk bisa berkomunikasi dengan ponselnya, warga harus melakukan berbagai upaya. Seperti membeli antena penguat sinyal yang harus dimodifikasi terlebih dulu supaya bisa berfungsi.

Pendirian tower seluler sudah dimulai sejak pertengahan Desember 2017. Tower setinggi 75 meter didirikan di lahan milik Desa Keyongan, seluas 12 x 12 meter.

Manager Network Telkomsel Area Surakarta Yasrinaldi saat dimintai komentarnya menyatakan, pembangunan tower di Desa Keyongan sudah selesai akhir Januari lalu. Bersamaan dengan selesainya pembangunan, tower tersebut sudah langsung bisa on air.

“Sebenarnya pada minggu kedua atau ketiga bulan Februari kita perkirakan baru bisa live. Ternyata, sudah bisa live  pada akhir Januari kemarin,” jelasnya, Selasa (20/2/2018).

Dengan adanya tower, sinyal di Desa Keyongan dan sekitarnya sudah mudah ditangkap. Menurutnya, pembangunan tower tersebut bisa memancarkan sinyal dalam radius 4-5 kilometer.

Seperti diberitakan, pembangunan tower di Desa Keyongan itu bermula dari tindakan unik yang dilakukan sejumlah pemuda setempat demi mendapatkan sinyal. Yakni,membuat tower dari dahan kayu jati yang ditempatkan di dekat kawasan hutan.

Foto tower kayu itu bahkan sempat jadi viral setelah diunggah pemilik akun facebook dengan nama Fiyan Ananda Stylefighter, Kamis (7/12/2017) lalu. Dalam foto tersebut tampak tumpukan dahan kayu jati yang bentuknya mirip tower operator selular. Dibagian atas, tampak ada seseorang sedang duduk sambil main handphone.

“Sekarang sudah tidak sulit sinyal lagi, mas. Setelah berdiri tower, akses komunikasi untuk telepon atau internet sudah mudah. Kami mengucapkan terima kasih pada Telkomsel dan juga Murianews.com. Berkat tulisan tentang tower kayu akhirnya bisa berdiri tower beneran,” kata Fiyan, warga yang mengunggah foto tower kayu tersebut.

Menurut Fiyan, sebelumnya, hampir semua warga punya telepon seluler. Tapi, kebanyakan hanya dipakai untuk foto dan game karena susahnya sinyal.

“Kalau sekarang kondisinya beda. Setelah ada tower, untuk komunikasi bisa dilakukan di mana saja. Termasuk di sawah juga mudah sinyal,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...