Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kepala MAN 1 Kudus : Tebalkan Niat untuk Kuliah, Jangan Masuk Kampus KUA Dulu

MuriaNewsCom, Kudus – Alumni MAN 1 Kudus (Almansa) menggelar acara bertajuk SemEx (Seminar dan Expo) 2018. Kepala sekolah tersebut Suhamto, mengapresiasi acara yang sudah kali kedua diselenggarakan itu.

Ia mengatakan, acara seperti itu adalah jalan bagi para alumni untuk memberikan pengetahuan tentang dunia perkuliahan. Secara khusus ia berpesan agar semua siswa kelas XII mengembangkan skill setelah lulus dan jangan sampai menikah di usia muda.

“Saya harapkan semua lulusan MAN 1 Kudus dapat masuk ke perguruan tinggi yang ada di seantero Indonesia, baik itu kampus ataupun pesantren. Kalaupun tidak bisa masuk ke lembaga kursus, jangan sampai masuk Kampus KUA dulu,” ucapnya dihadapan siswa-siswi yang mengikuti ajang SemEx 2018, di MAN 1 Kudus, Sabtu (17/2/2018).

Menurutnya, bagi lulusan Madrasah Aliyah Negeri disarankan untuk mengembangkan diri terlebih dahulu. Setelahnya diharapkan dapat memberikan sumbangsih pada negara ataupun daerah.

Ditanya mengenai kesulitan siswa melanjutkan diri, Suhamto menyebut bukan karena uang. “Masalahnya bukan biaya, namun kurangnya motivasi. Jika ada kemauan masalah biaya bisa terselesaikan,” tuturnya.

Dirinya berharap, 80 persen dari jumlah siswa kelas XII di MAN 1 Kudus dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. “Lalu sisanya kami harapkan dapat meneruskan ke lembaga kursus atau sebagainya untuk mengembangkan skil terlebih dahulu,” tambahnya.

Hal tersebut diamini oleh Ketua Panitia SemEx 2018 Muhammad Ponco Setiawan. Menurutnya, Almansa sudah membentuk jejaring dengan alumnus MAN 1 Kudus yang kini tengah berkuliah.

“Jadi dari setiap alumnus sini yang berkuliah, dapat memberikan segala informasi terkait kampusnya. Hal itu termasuk juga dengan informasi beasiswa,” terangnya.

Dalam acara tersebut, terdapat 21 Perguruan Tinggi yang ikut dalam Expo Pendidikan. Ponco menyebut, dari evaluasi tahun lalu, kebanyakan lulusan MAN 1 Kudus lebih banyak terserap di universitas yang ada di Semarang yakni Unnes, Unisbank dan STAIN Kudus.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...