Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Keren!! Expo Pendidikan MAN I Kudus Banjir Peminat

MuriaNewsCom, Kudus – Ajang Seminar Expo (SemEx) 2018 MAN I Kudus berlangsung meriah. Sebanyak 21 stand perguruan tinggi dipadati siswa-siswi yang mencari keterangan terkait jenjang perkuliahan.

Muhammad Ponco Setiawan ketua panitia SemEx 2018 mengatakan, ajang ini telah dilakukan sebanyak dua kali. Tahun ini, diharapkan jumlah murid yang mendaftar ke perguruan tinggi semakin meningkat.

“Ini adalah tahun kedua kami menyelenggarakan event seperti ini. Perbedaannya, untuk tahun ini peserta expo pendidikannya lebih banyak. Kalau tahun lalu tak lebih dari 10 stand, kali ini meningkat menjadi 21 stand perguruan tinggi,” ujarnya, Sabtu (17/2/2018).

Dirinya mengatakan, ajang ini bertujuan memberikan referensi tempat kuliah bagi siswa kelas XII, yang hendak lulus. Tujuannya agar mereka dapat menentukan langkah untuk memilih universitas yang baik dan cocok sesuai dengan cita-cita maupun minat masing-masing.

Tahun ini, pihaknya berharap lebih banyak lagi siswa dari MAN I Kudus yang berkuliah. “Tahun lalu siswa kelas XII ada 320, yang berkuliah sekitar 60 persen atau 192 orang melanjutkan. Tahun ini jumlah siswanya (kelas XII) ada 374, harapannya lebih banyak yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” tuturnya.

Menurutnya, berdasarkan evaluasi tahun lalu, sekitar 75 persen siswa ingin berkuliah. Namun permasalahan dana menjadi kendala yang menyebabkan mereka mengurungkan niat.

“Dengan expo ini kami ingin memberikan gambaran serta alumni-alumni dari MAN I Kudus, bisa membimbing adik-adiknya untuk dapat mengakses beasiswa ataupun jalur-jalur yang bisa dijangkau untuk dapat berkuliah,” terangnya.

Selain, ekpo pendidikan adapula pameran tentang majalah dinding 3D yang dibuat dari gabus. Disamping itu, adapula pameran kewirausahaan yang menampilkan berbagai produk yang dihasilkan oleh peserta didik MAN I Kudus.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...