Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Jateng : Cagub-cawagub Jangan Kampanye di Tempat Ibadah

MuriaNewsCom, Semarang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah kembali menegaskan bahwa tempat ibadah tidak boleh digunakan untuk kampanye. Akan ada sanksi tegas jika calon gubernur-wakil gubernur dan calon kepala daerah lain nekat melakukan kampanye di tempat itu.

Ketua Bawaslu Jawa Tengah, M Fajar Saka mengatakan, PKPu maupun undang-undang yang mengatur tentang pilkada menyebut, jika tempat ibadah adalah larangan digunakan untuk kampanye. “Sudah jelas, tempat ibadah tidak boleh dijadikan sebagai tempat kampanye,” katanya.

Ia memastikan, jajaran Bawaslu dan penitia pengawas di tingkat kabupaten/kota akan melakukan pengawasan secara ketat. Panitia pengawas akan melakukan monitoring seluruh kegiatan para pasangan calon selama masa kampanye.

“Pencegahan ini dilakukan dengan selalu mengingatkan agar tidak berkampanye saat mengunjungi tempat ibadah,” ujarnya.

Ia mengatakan, petugas pengawas pemilu akan selalu proaktif dalam mengawasi kegiatan para pasangan calon selama masa kampanye. Menurut dia, para pasangan calon sudah diminta untuk menyampaikan pemberitahuan jadwal kampanye yang akan dilaksanakan.

Meski demikian, kata dia, terdapat kegiatan di luar kampanye yang tidak diberitahukan ke panwas. “Kami proaktif untuk mengawasi kegiatan para pasangan calon untuk melakukan pencegahan agar tidak melanggar ketentuan,” kata mantan Ketua KPU Jawa Tengah ini.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...