Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banyak Lubang, Penggunaan Jalan Purwodadi – Kudus Diminta Hati-hati

MuriaNewsCom, Grobogan – Para pengguna jalan yang melintasi jalur Purwodadi-Kudus sebaiknya perlu berhati-hati. Soalnya, saat ini banyak muncul lubang jalan yang bisa membahayakan pengendara, khususnya pengendara sepeda motor.

Dari pantauan di lapangan, jalan yang terdapat banyak lubang terlihat mulai dari sebelah barat SMPN 1 Grobogan hingga wilayah Kecamatan Brati. Di ruas jalan milik Pemprov Jateng ini ada beberapa titik jalan berlubang.

Lubang pada jalan berkonstruksi cor beton terlihat cukup panjang di beberapa titik. Kondisi ini menyebabkan para pengendara harus mengurangi kecepatan.

“Lubang jalan ini mulai muncul sejak dua bulan terakhir. Kondisi lubang jalan makin tambah banyak dan melebar akibat huyuran hujan,” kata Zulkifli, warga setempat, Jumat (15/2/2018).

Lubang jalan yang sempat muncul tampaknya sudah sempat ditutup menggunakan lapisan aspal. Namun, penutupan lubang dengan aspal tampaknya tidak bisa maksimal. Banyaknya kendaraan yang lewat, terutama kendaraan bertonase besar menjadikan aspal penutup lubang cepat mengelupas.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa menyatakan, laporan adanya lubang jalan di ruas jalan tersebut sudah diterima. Pihaknya, langsung melakukan pengecekan ke lapangan.

Dijelaskan, untuk menekan kecelakaan, upaya sementara sudah dilakukan dengan memberi tanda disekeliling lubang jalan dengan cat semprot. Hal itu dilakukan agar pengendara sudah mengetahui ada lubang jalan dari kejauhan sehingga bisa mengurangi kecepatan.

“Memang ada cukup banyak lubang jalan yang kita temukan. Kondisi jalan di jalur menuju Kudus sudah kita koordinasikan dengan instansi terkait agar segera ditangani,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPT Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Pemprov Jateng Wilayah Purwodadi, Barkah Widiharsono membenarkan adanya beberapa kerusakan pada ruas jalan Purwodadi-Kudus tersebut. Menurut Barkah, kerusakan di jalur tersebut akan segera ditangani.

“Saat ini, masih dalam proses pengadaan. Dalam waktu dekat akan kita perbaiki,” katanya.

Perbaikan ruas jalan yang berlubang di jalur Purwodadi-Kudus akan dilakukan dengan cara pembetonan ulang. Titik yang berlubang akan dipotong dan dilapisi lagi dengan beton baru. Kemudian untuk jalan yang tingkat kerusakannya lebih ringan akan ditambal.

Menurut Barkah ada beberapa faktor yang menyebabkan jalan itu rusak. Antara lain, tonase kendaraan yang melintasi diatas kelas jalan, kontur tanah dan kualitas serta umur jalan yang sudah lama.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...