Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ini Dia Besaran Dana Awal Kampanye 5 Calon Bupati-Wakil Bupati Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Lima Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Kudus telah melaporkan dana awal kampanye mereka pada Komisi Pemilihan Umum. Dana tersebut ditampung dalam sebuah rekening milik paslon, yang nantinya digunakan selama masa kampanye.

Namun demikian, dalam rekening Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) diberikan batasan yakni Rp 7,67 miliar. Hal itu dikatakan oleh komisioner KPU Kudus Naily Syarifah, Kamis (15/2/2018).

Menurutnya, dalam rekening LADK, paslon diperkenankan memperoleh sumbangan dari simpatisan baik perorangan maupun organisasi. Warga diperbolehkan menyumbang paslon maksimal Rp 75 juta, sedangkan instansi maksimal Rp 750 juta.

“Batasan tersebut telah diatur dalam PKPU 5/2017. Jika ada perseorangan atau instansi yang menyumbang melebihi batas maksimal, maka sisanya akan diserahkan untuk negara, melalui kas negara,” jelasnya.

Dalam LADK yang telah dilaporkan kepada KPU Kudus, Pasangan Calon Masan-Nor Yasin memiliki saldo awal sebesar Rp 20 juta, Noor Hartoyo-Junaidi Rp 300 ribu, Sri Hartini-Setia Budi Wibowo Rp 1,5 juta. Sementara paslon Akhwan-Akhwan-Hadi Sucipto Rp 1 juta dan M. Tamzil-Hartopo memiliki dana awal sebesar Rp 5 juta.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...