Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kunjungi Korban Banjir di Tegal, Solusi Ini yang Ditawarkan Sudirman Said

MuriaNewsCom, Tegal – Calon gubernur Jateng, Sudirman Said, Kamis (15/2/2018) mengunjungi lokasi banjir di Dukuhturi, Kecamatan Margadana, kota Tegal. Ia mengunjungi rumah-rumah yang terkena banjir, serta tempat-tempat pengungsian.

Banjir di Kecamatan Margadana terjadi sejak akhir pekan lalu. Ada dua kelurahan yang tergenang banjir dengan ketinggian 30-40 cm, yakni di Kelurahan Sumurpanggang dan di Kelurahan Krandon.

Di sela-sela mengunjungi lokasi banjir ini, Sudirman Said melontarkan pandangannya tentang penanganan banjir. Menurut dia, penanganan banjir di kawasan ini perlu dilakukan dari hulu hingga hilir.

Menurutnya, perlu adanya sinergitas lintas wilayah (hulu dan hilir) dan wilayah penopang Tegal dan Brebes. sebagai daerah terdampak banjir dalam penyelesaian banjir di wilayah Tegal dan Brebes. ”Ini salah satu kunci, selain hal lain yang bisa dilakukan, seperti drainase yang bagus,”katanya.

Selain pengelolaan wilayah hulu untuk meminimalkan pengundulan hutan, alih fungsi lahan menjadi poin penting. Begitu juga penataan ruang di hulu hingga hilir, diikuti pembuatan daerah serapan air dan ruang terbuka hijau di kawasan banjir.

Secara khusus, Dirman mengapresiasi gerak cepat relawan Sudirman Said-Ida Fauziyah dalam melakukan langkah penanganan terhadap bencana banjir.

“Saya diajak ke sini dan melihat betapa relawan begitu gerak cepat menangani banjir. Para warga pun secara mandiri bisa mengatasi hal ini, termasuk diantaranya distribusi bantuan hingga pembuatan dapur umum, ini hal yang positif,”ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dirman juga sempat berdialog dan membantu ibu-ibu memasak di dapur umum.  Warga antusias menyambut kedatangan cagub yang didukung oleh Gerindra, PAN, PKS, dan PKB ini.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...