Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan IPA Rampung, PDAM Grobogan Janjikan Pasokan Air Bakal Lancar

MuriaNewsCom, Grobogan – Pekerjaan proyek pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) baru milik PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan akhirnya rampung. Pembangunan IPA ini dirampungkan dalam masa perpanjangan penyelesaian pekerjaan selama 50 hari yang diberikan pada pihak rekanan.

“Pembangunan IPA selesai pekan lalu, pada hari terakhir masa perpanjangan. Sesuai kontrak, batas akhir pekerjaan pada 20 Desember 2017 kemarin. Tetapi karena belum rampung, kita toleransi perpanjangan waktu hingga 50 hari. Dalam masa perpanjangan ini, pihak rekanan kita kenakan denda sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Direktur PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan Bambang Pulunggono, Senin (12/2/2017).

Proyek tersebut dibiayai melalui penyertaan modal APBD Kabupaten Grobogan senilai Rp 7,1 miliar. Pelaksana pekerjaan tersebut dikerjakan PT Mario Karya Abadi Semarang.

Bambang menyatakan, pelaksanaan pekerjaan memang mengalami keterlambatan pada tahap awal. Hal itu disebabkan adanya revisi desain bangunan yang dilakukan sampai tiga kali. Revisi itu diperlukan untuk menyesuaikan dengan kondisi lahan pembangunan IPA baru.

“Saat ini, IPA baru masih dalam proses uji coba. Kita jadwalkan, pada minggu depan sudah bisa operasional penuh. Pagi tadi, IPA baru sudah ditinjau anggota komisi B DPRD Grobogan,” tegasnya.

Menurut Bambang, selama ini ada dua hal yang selalu jadi keluhan pelanggan PDAM. Yakni, masih belum bagusnya kualitas air dan sering ngadatnya distribusi ke rumah pelanggan.

Bambang mengakui jika pelayanan yang diberikan pada pelanggan memang belum maksimal. Sedikit demi sedikit dua hal yang dikeluhkan pelanggan akan segera ditangani.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah membangun satu unit IPA tersebut yang punya kapasitas produksi 50 liter per detik. Dengan adanya IPA baru ini akan memperlancar distribusi air ke rumah pelanggan.

Sebelumnya, PDAM hanya punya satu IPA dengan kapasitas produksi 180 liter per detik. Dengan kapasitas sebesar ini tidak bisa maksimal melayani 14.700 pelanggan di kawasan kota.

Dengan tambahan IPA baru maka total produksi air bisa mencapai 230 liter per detik. Adanya tambahan IPA ini maka distribusi air akan jadi lebih lancar sehingga bisa melayani kebutuhan pelanggan.

Selain itu, adanya IPA juga bisa mengatasi pasokan air pada 1.700 pelanggan kategori Z. Yakni, pelanggan yang rumahnya sudah terpasang jaringan tetapi belum bisa terjangkau distribusi air.

“Dengan adanya tambahan IPA, kita juga menargetkan bisa menambah 2.000 pelanggan baru,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...