Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Akses Jalan Terputus, Puluhan Warga Sedayu Grobogan Ramai-ramai Perbaiki Jalan Longsor

MuriaNewsCom, GroboganKegiatan kerja bakti memperbaiki ruas jalan longsor dilakukan puluhan warga Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan, Sabtu (10/2/2018). Selain warga setempat, perbaikan yang dilangsungkan sejak pagi juga didukung personil dari jajaran Muspika Kecamatan Grobogan, dan BPBD.

Kades Sedayu Sariyun menyatakan, tingginya curah hujan pada Jumat sore hingga malam mengakibatkan bencana longsor di wilayahnya. Bencana longsor mengakibatkan akses jalan dari Dusun Sandi, Desa Sedayu menuju Dusun Pucung, Desa Lebak terputus.

”Jalan yang longsong kondisinya cukup parah. Panjang longsoran mencapai 40 meter dengan kedalaman 3 meteran,” katanya.

Menurutnya, upaya perbaikan darurat memang perlu dilakukan karena jalan itu menjadi akses penting. Selain jadi jalur menuju Desa Lebak, ruas jalan itu dibutuhkan untuk mengangkut hasil panen.

”Saat ini kebetulan petani ada yang sedang panen jagung dan padi. Untuk mengangkut hasil panen dari ladang dan sawah harus lewat ruas jalan yang longsor,” jelasnya.

Kondisi jalan di Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan longsor setelah diguyur hujan semalaman.
(MuriaNewsCom/Dani Agus)

Mengingat jalan longsor jadi akses transportasi penting maka upaya perbaikan dilakukan secepatnya. Meski demikian, perbaikan yang dilakukan masih bersifat darurat.

”Siang ini, perbaikan darurat masih kita lakukan. Saat ini, akses jalan sudah bisa dilewati motor. Kalau kendaraan roda empat belum bisa,” sambung Sariyun.

Disinggung adanya rumah ambruk akibat tanah longsor, ia menegaskan tidak ada rumah warga yang roboh. Dari pendataan yang dilakukan, ada satu rumah yang rusak sedikit bagian fondasinya karena tanahnya sempat terkikis longsor.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD Grobogan Masrichan menyatakan, jalan yang longsor di Desa Sadayu kondisinya cukup parah. Untuk penanganan kedepan akan dilakukan secara permanen dengan memasang bronjong.

”Kita sudah koordinasikan dengan pihak DPUPR untuk penanganan jalan longsor di Sedayu. Sementara, kita perbaiki darurat supaya akses jalan tidak terputus total,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...