Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sambut Hari Jadi, Puluhan Koleksi Pusaka Kabupaten Grobogan Dijamas

MuriaNewsCom, Grobogan – Puluhan benda yang menjadi koleksi Museum Purbakala Grobogan mulai dibersihan atau dijamas, Jumat (9/2/2018). Termasuk juga puluhan koleksi benda pusaka yang juga disimpan di museum yang berada di seberang kantor Dinas Pendidikan Grobogan itu.

Sekitar 10 orang bertugas membersihkan benda-benda bersejarah yang ditemukan di berbagai wilayah kecamatan tersebut.

“Khusus untuk benda-benda pusaka, seperti keris, tombak, gamelan dibersihkan oleh tenaga yang sudah ahli dibidangnya. Kegiatan ini rutin kita lakukan dalam rangkaian peringatan hari jadi Grobogan tanggal 4 Maret nanti,” ungkap Kabid Pariwisata Disporabudpar Grobogan Marwoto.

Dijelaskan, acara bersih-bersih tersebut biasanya dilakukan minimal setahun sekali. Hal itu diperlukan agar benda-benda bersejarah itu tidak rusak, bisa tahan lama dan lebih bersih sehingga cukup nyaman dilihat orang.

Sejumlah petugas sedang membersihkan koleksi pusaka yang tersimpan dalam museum purbakala,  Jumat (9/2/2018). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Dari data yang dimiliki, di dalam museum tersebut terdapat 83 macam benda peninggalan masa lalu dan terdiri dari beberapa jenis. Antara lain, seperangkat gamelan, keris dan tombak, arca, yoni, piring, lesung, lingga, meriam, luku, garu, mangkok dan piring kuno. Kebanyakan, benda tersebut sudah berusia ratusan sampai ribuan tahun.

Selain membersihkan koleksi museum, pihaknya juga menata kebersihan di lingkungan museum. Hal itu dilakukan agar kondisi museum terlihat lebih menarik sehingga akan mengundang minat orang untuk berkunjung.

“Selama ini, memang museum ini sering tutup karena terbatasnya petugas jaga. Nantinya, museum ini akan lebih sering kita buka meski belum bisa tiap hari,” jelasnya.

Ritual penjamasan pusaka mengundang ketertarikan sejumlah siswa SDN 8 Purwodadi yang letaknya persis berhadapan. Beberapa siswa yang saat itu sudah pulang atau pas jam istirahat langsung berhamburan ke museum untuk menonton aktivitas yang sedang dilakukan di tempat itu.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...