Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Kuat Didera Hujan, Sebuah Rumah di Desa Pancur-Jepara Longsor

MuriaNewsCom, Jepara – Rumah milik Miftahus Sururi (50), di Dukuh Randubango RT 6 RW 2 Desa Pancur, Kecamatan Mayong, Jepara, longsor akibat pondasinya tergerus hujan lebat semalaman. Akibatnya, sebuah kamar tidur dapur dan dapur ambrol tak bisa dihuni.

Miftah menyebutkan, peristiwa itu terjadi pada Kamis (8/2/2018) dini hari. Sekitar pukul 04.00 WIB ia dibangunkan oleh anaknya ketika tengah terlelap di ruang tamu.

“Saat itu anak saya tiba-tiba membangunkan saya, karena mendengar bumi keras dari bagian rumah, krak..krak..krak...Mulanya saya tak tahu, tapi kemudian kami sekeluarga ke luar rumah. Ketika berada di luar, rumah bagian samping kiri mulai longsor,” katanya ditemui MuriaNewsCom.

Ia mengatakan, sebelum kejadian tersebut tak ada tanda-tanda terlebih dahulu. Dirinya mengungkapkan, bagian rumahnya yang longsor menempel pada pagar rumah.

Sedangkan, bagian pagar rumah sampingnya ia bangun dengan tidak menggunakan pondasi cakar ayam. “Bertahun-tahun lalu juga tidak apa-apa ketika ada hujan deras. Namun kali ini, pondasi tidak kuat menahan derasnya air dan kemudian longsor,” tuturnya.

Selain ruangan-ruangan rumah yang hancur karena longsor, sebuah sepeda motor miliknya juga ikut tertimbun material. Dari kejadian tersebut, ia menaksir kerugiannya mencapai Rp 40 juta.

“Untuk langkah sementara, saya bersama warga menahan tembok yang masih tersisa dengan bambu. Kemudian selanjutnya kami membersihkan material yang longsor,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...