Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir Sedalam 2 Meter Rendam Desa Sumberejo Jepara

MuriaNewsCom, Jepara – Banjir melanda Dukuh Tempur, Desa Sumberejo, Kecamatan Donorojo, Kamis (8/2/2018). Air bah menerjang desa tersebut pada pukul 05.00 WIB, dan sempat merendam perkampungan setinggi 2 meter.

Selain itu, tiga sekolah (RA, MI dan MTS Miftahul Huda) yang ada di tengah desa tersebut terendam. Praktis kegiatan belajar mengajar pun diliburkan.

Rahmat, Kepala Sekolah Raudlatul Athfal (RA) Miftahul Huda mengatakan, air bah berasal dari dua sungai yang membelah kampung. Tak kuat menampung derasnya air hujan, air lantas menggenangi desa.

“Ada dua sungai di sini, Sungi Cilik dan Gede. Keduanya bertemu di kampung ini. Selain itu dari semalam hujan deras melanda,” ujarnya.

Warga mengukur ketinggian banjir dengan badannya. Terlihat ketinggian banjir mencapai dada orang dewas. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

Praktis seluruh kegiatan di desa berhenti total. Pun juga dengan aktivitas belajar mengajar. Menurutnya, semua siswanya diliburkan sementara.

“Hanya ada beberapa anak yang masuk ke sekolah, itupun tak belajar tapi ikut membersihkan lingkungan sekolah,” urainya.

Menurutnya, dalam waktu singkat air yang sempat melanda perkampungan surut. Mencapai puncak genangan pada pukul 06.00 WIB, air menyusut sepenuhnya pada pukul 09.30 WIB.

Akibat banjir tersebut, baik di perkampungan maupun di sekolah tertimbun lumpur. Warga lantas berbondong-bondong kerja bakti untuk membersihkannya. “Kalau tidak dibersihkan nanti kalau sudah kering susah dibersihkan lumpurnya,” jelasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...