Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kepergok Emak-emak, Nasib Pencuri di Blora Ini Bikin Iri

MuriaNewsCom, Blora – Seorang pelaku pencurian di sebuah perkampungan tertangkap warga saat beraksi. Menariknya, orang yang berhasil menangkap pencuri ini tidak hanya kaum pria saja. Beberapa emak-emak juga ikut andil dalam meringkus pencuri tersebut.

Setelah diringkus, pencuri ini bisa dibilang mujur. Itu lantaran si pencuri diserahkan pada awak kampling setempat guna menghindari aksi main hakim sendiri. Selanjutnya pencuri diserahkan pada pihak kepolisian untuk diproses hukum.

Tapi jangan salah. Penangkapan pencuri itu bukan kejadian sebenarnya. Tetapi merupakan bagian dari simulasi penanganan tersangka pencurian yang berhasil tertangkap warga.

Simulasi itu dilangsungkan dalam kegiatan Apel Besar Kaposkamling di Lapangan Desa Tempurejo, Kecamatan Bogorejo, Blora, Rabu (07/02/2018). Apel diikuti seluruh perwakilan awak kampling se-Eks Kawedanan Blora, para pejabat utama Polres Blora, jajaran Furkopimcam Bogorejo, Kapolsek Jepon, Banjarejo, Bogorejo, Blora dan Tunjungan beserta anggota Bhabinkamtibmas.

Kapolres Blora AKBP Saptono menyatakan, siskamling merupakan aktifitas kesadaran yang didasarkan atas kesamaan maksud dan tujuan yang berorientasi pada kerjasama pelayanan keamanan terbatas di lingkungan masyarakat sebagai upaya mencegah gangguan kamtibmas. Kegiatan siskamling merupakan wujud sinergitas Polri dan masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli dalam meningkatkan kepekaan serta daya tangkal masyarakat terhadap masalah keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

“Kami menilai, siskamling sangat efektif untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan maupun deteksi dini jika terjadi bencana alam ditengah-tengah masyarakat. Untuk itu, kepolisian selalu berupaya mengajak masyarakat selalu sadar dan peduli terhadap kamtibmas di lingkungananya. Harapannya masyarakat mampu menjadi polisi terhadap dirinya, keluarga dan lingkungannya sendiri,” ujarnya.

Kepada seluruh awak kamling yang hadir Kapolres berpesan agar masyarakat selalu meningkatkan peranannya dalam pemeliharaan kamtibmas dan selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Berkaitan dengan adanya Pilkada serentak tahun 2018 ini, masyarakat diminta tidak mudah terprovokasi isu negatif atau SARA.

“Jangan mudah terprovokasi isu negatif jelang Pilkada tahun 2018. Tetap junjung tinggi rasa saling menghormati dan menghargai pilihan masing-masing,” tegasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...