Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Imlek Peralatan Sembahyang di Kelenteng Welahan Jepara Dibersihkan

MuriaNewsCom, Jepara – Jelang Imlek, arca dewa dan perlengkapan sembahyang di Kelenteng Hian Thian Siang Tee Welahan, dibersihkan, Rabu (7/2/2018). Selain itu, abu bekas pembakaran dupa nantinya akan dilarung ke sungai.

Sugandi Ketua Yayasan Kelenteng Welahan mengatakan, pembersihan tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya. Biasanya, ritual tersebut dihelat seminggu sebelum puncak perayaan Imlek, yang tahun ini jatuh pada 16 Februari 2018.

“Yang dibersihkan adalah arca-arca Dewa, termasuk perlengkapan sembahyang. Nantinya dikeluarkan dari altar, kemudian dibersihkan satu persatu,” katanya.

Untuk abu dupa, akan mendapatkan perlakuan khusus. Umat beserta pengurus kelenteng akan diayak. Untuk abu yang halus akan dikembalikan ke wadah abu, sementara yang kasar akan di larung di sungai.

Menurutnya, tradisi larung abu di sungai diyakini dapat menghindarkan bencana dan menyuburkan tanaman.

Pengurus Kelenteng Hian Thian Siang Tee Welahan, sedang membersihkan arca dewa menjelang imlek 2018, Rabu (7/2/2018). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

Selain itu, di Kelenteng Hian Thian Siang Tee Welahan, juga terdapat Ciamsie atau batang bambu yang digunakan untuk meramal. Barang tersebut pun tak luput dari pembersihan.

“Kalau di sini baik (arca) Dewa maupun alat-alat persembahyangannya banyak, dibanding dengan Kelenteng Kidul (Hok Tek Bio) yang kemarin (Selasa, 8/2/2018) sudah dilakukan bersih-bersih juga,” ungkapnya.

Menurutnya, pembersihan peralatan sembahyang bukan hanya dilakukan oleh umat sekitar Kecamatan Welahan. Umat yang berasal dari Jakarta, Pati dan sekitarnya juga ikut serta.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...