Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir Rendam Sebagian Wilayah di Pati, Warga Diminta Waspada

MuriaNewsCom, Pati – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pati sejak Senin (5/2/2018) sore membuat sebagian wilayah Bumi Mina Tani terendam banjir. Salah satunya adalah di Desa Widorokandang, Kecamatan Kota yang masih direndam hingga pagi ini.

Kepala Pelaksana BPBD Pati, Sanusi mengatakan kondisi genangan air tetsebut merupakan imbas dari luapan sungai yang ada di Desa setempat. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan debit air sungai meningkat. Terlebih di sekitar lokasi sungai dipenuhi sampah yang memicu penyumbatan.

“Info yang kami terima sampai pagi ini ketinggian air sekitar betis orang dewasa. Itu ada luapan air dari jembatan yang dekat Desa itu,” kata Sanusi seperti dikutip detikcom, Selasa (6/2/2018).

Sanusi mengakui pihaknya belum melakukan pendataan pasti berapa jumlah unit rumah warga yang terdampak banjir. Ia pun mengimbau agar warga bersiaga untuk evakuasi diri.

“Kalau sampai siang ini air masih menggenang, kami sarankan warga agar bisa evakuasi diri. Tapi sampai saat ini warga masih memilih untuk bertahan, hanya memindahkan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, dari informasi banjir juga melanda sebagian di wilayag Kecamatan Gabus. Salah satunya adalah desa Mintobasuki. Genangan air paling parah berada di RT 3/RW 1 lantaran sampai masuk rumah warga.

Selain di Gabus, genangan air juga terjadi di jalur pantura Pati-Juwana sejak semalam. Ketinggian air setinggi sekitar 10 sentimeter, mengakibatkan arus lalu lintas di sekitar lokasi padat merayap.

Editor: Supriyadi

Petugas melakukan pengamanan lalu lintas di jalan pantura Pati-Juwana sejak semalam. (Humas Polres Pati)
Comments
Loading...