Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hujan Deras, Sungai di Desa Sengon Bugel Jepara Meluap

MuriaNewsCom, Jepara – Hujan berdurasi lama menyebabkan aliran sungai di Desa Sengon Bugel, Kecamatan Mayong meluap hingga ke jalan raya, Senin (5/2/2018) sore. Praktis hal itu menyebabkan antrean kendaraan cukup panjang, sekitar satu kilometer lebih.

Sugiharto (30) warga Pecangaan Kulon mengaku lebih memilih berbalik arah ketimbang meneruskan perjalanan. Ia takut kalau-kalau motornya mati dan ia harus mendorong kendaraannya.

“Saya pilih balik saja, memutar lewat Rajegwesi kemudian ke Batealit dan ke Pecangaan, daripada mesinnya mati,” katanya.

Pantauan MuriaNewsCom, air dari Sungai Bugel meluap sekitar 30 centimeter lebih. Jika lebih mendekati sungai, maka kedalamannya pun semakin bertambah. Beberapa motorpun ada yang terlihat mati mesin karenanya.

Bagi yang nekat menyebrang, mereka sebenarnya bisa menyewa gethek yang disewakan oleh warga sekitar. Namun jumlahnya yang tak banyak, mengakibatkan mereka harus mengantre.

Para pengguna jalan terjebak macet akibat luapan air sungai saat hujan deras. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

Satria (30) warga sekitar menyebut, genangan air di wilayah tersebut sudah lazim terjadi jika hujan dengan intensitas yang lama. Namun demikian, setelah hujan berhenti, air kemudian berangsur-angsur surut.

Dari pengamatan lapangan, jalanan yang tergenang air bukan hanya di satu titik. Dari sepanjang jalan Nalumsari hingga Sengon Bugel, setidaknya terdapat tiga titik genangan. Pertama di ruas sebelum Pasar Mayong, kedua di depan Polsek Mayong dan di sekitar jembatan kecil Sengon Bugel.

Untuk mengurai kemacetan, Satlantas Polres Jepara menurunkan personel. Iptu Suyitno KBO Lantas Jepara menyebut, di titik depan Mapolsek Mayong kemacetan dikarenakan sungai kecil di sekitar tempat itu tak mampu menampung air hujan.

“Hujan dari tadi pagi hingga kini, menyebabkan sungai meluap. Kebetulan lokasi ini adalah cekungan jadi menyebabkan genangan air. Ketinggiannya mencapai 20-30 centimeter,” ujarnya.

Selain karena banjir, kemacetan juga ditimbulkan oleh karyawan pabrik yang sedang pulang dari tempat kerja. Sementara itu, banjir juga sempat menggenangi RSU PKU Muhammadiyah Mayong. Namun tak lama setelahnya, air lantas surut.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...