Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh! Beras Operasi Pasar Kok Dijual Jadi Beras Premium, Begini Akibatnya

MuriaNewsCom, Semarang – Tim Satgas Pangan Polda Jawa Tengah membongkar praktek curang distributor beras, yang menyulap beras untuk operasi pasar (OP) dari Bulog menjadi beras premium dengan harga mahal.

Beras yang seharusnya digunakan untuk mengatasi kelangkaan, serta menyetabilkan harga di pasaran, justru dikemas menjadi beras premium. Beras Bulog yang disulap menjadi beras premium itu pun dijual ke daerah Jawa Barat.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, praktek curang itu dilakukan distributor di Cilacap. Pihaknya telah melakukan penggerebekan di gudang milik warga berinisial S di Desa Tambakreja, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, dan menemukan praktik tersebut.

Modusnya, beras operasi pasar dari Bulog CSHP kemasan 15 kg, diolah dan dikemas kembali menjadi beras premium. Beras dari Bulog itu digiling ulang lalu dikemas menggunakan karung bertuliskan “Istimewa, Beras SLYP Super Cap Jago Pelung”.

“Beras Bulog dimanipulasi kemasannya jadi beras premium. Dia (pelaku) itu distributor,” kata Kapolda dalam jumpa pers di Kantor Dit Reskrimsus Polda Jateng, Senin (5/2/2018).

Beras yang dibeli pelaku dari Bulog seharga Rp 8.100/kilogram, tidak disalurkan untuk operasi pasar, namun diolah dan di jual kembali sebagai berasi premium seharga Rp 10.000/kilogram.

Dari hasil praktek culas ini, pelaku bisa mengantongi uang ratasan juta rupiah dalam sebulan. Kapolda mencontohkan, selama bulan Januari 2018, pelaku sudah melakukan pengambilan beras ke Bulog sebanyak 15 kali, sebanyak 151,9 ton.

Dengan jumlah itu, keuntungan yang didapat pelaku setelah menjual beras Bulog menjadi beras premium sebanyak Rp 288 juta, selama satu bulan.

Padahal S diketahui sudah 5 tahun menjadi rekanan Bulog. Namun polisi masih melakukan pendalaman, sejak kapan praktek curang ini dilakukan.

Hingga kini S masih dalam pemeriksaan aparat kepolisian. Tim Satgas Pangan Polda Jateng juga mengamankan sejumlah barang bukti. Termasuk ratusan karung beras Bulog yang telah disulap jadi beras premium.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...