Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bali Ndeso, Mahasiswa Sowan Kidul Jepara Tularkan Virus Masuk Perguruan Tinggi

MuriaNewsCom, Jepra – Sebanyak 30 mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Sowan Kidul (IMSAK) mengadakan “Safinah goes to Campus” di MA Safinatul Huda, Desa Sowan Kidul, Jepara.

Acara tersebut ditujukan untuk memotivasi dan memberikan informasi tentang perkuliahan serta mewujudkan gerakan satu rumah satu sarjana di desa tersebut. Hal ini tak lepas dari minimnya minat melanjutkan ke perguruan tinggi.

”Dulu dalam satu periode, warga yang melanjutkan ke jenjang perkuliahan hanya berkisar antara tiga sampai lima orang. Itu pun karena mereka dari keluarga yang berkecukupan,” kata Ketua Panitia Hikmatul Ummah, Sabtu (3/2/2018).

Ironisnya lagi, lanjutnya, anak yang lulus SMA ataupun MA selalu mencita-citakan untuk bekerja di pabrik. Bahkan sedikit sekali yang menginginkan melanjutkan kuliah. Di samping faktor ekonomi, motivasi yang dimiliki anak sangat rendah.

Atas dasar itu, selama tiga tahun terakhir IMSAK memberikan motivasi dari sekolah ke sekolah. Mereka juga memberikan kegiatan bimbingan tes SBMPTN & Ujian Mandiri selama dua bulan serta pendampingan pendaftaran kuliah.

”Selama tiga tahun itu pula IMSAK telah berhasil menorehkan kinerjanya. Setidaknya ada sekitar 50 anak yang berhasil kuliah di berbagai kampus di Indonesia,” ungkapnya.

Melihat fakta itu, ia berharap gerakan yang dilakukan IMSAK ini dapat menjamur di berbagai desa melalui kesadaran pemerintah dan mahasiswa setempat. Dengan begitu, mimpi satu sarjana satu rumah bisa terlaksana.

”Kami yakin jika setiap rumah sedikitnya ada satu sarjananya akan bisa ikut membantu saudaranya melanjutkan pendidikan tinggi demi kesejahteraan keluarganya. Tidak hanya itu, gerakan ini juga akan memudahkan mewujudkan bangsa Indonesia yang cerdas yang mampu bersaing di dunia internasional,” tambahnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...