Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Punya SIM A Umum Sopir Taksi Online Bakal Ditilang

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah mewajibkan seluruh sopir taksi online mempunyai SIM A Umum. Ketentuan ini berlaku mulai 1 Februari 2018. Jika tetap beroperasi dengan SIM A biasa, sopir taksi online bisa ditilang.

Ketentuan tentang hal ini diatur dalam Permenhub Nomor 108 Tahun 2017 yang mengatur tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Polda Jawa Tengah juga menyosialisasikan aturan ini. Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Bakharuddin mengatakan, pada tahap awal pihaknya akan menggencarkan sosialisasi mengenai ketentuan ini.

Kepolisian, lanjut dia, akan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, seperti Dinas Pehubungan, Organda, serta pengusaha penyelenggara angkutan.

Menurut dia, sosialisasi akan menyasar pada komunitas pengemudi taksi daring agar tujuan yang akan dicapai lebih efektif. “Sosialisasi akan lebih efektif melalui komunitas,” katanya, Jumat (2/2/2018).

Ia menyebut, pelaksanaan Permenhub 108 berkaitan dengan penegakan hukum dan perlindungan hak asasi manusia. Taksi online, dimasukkan dalam kategori angkutan umum, lantaran beroperasi dengan mengangkut penumpang.

Oleh karena itu, kata dia, unsur keselamatan penumpang harus menjadi perhatian. “Taksi online menarik biaya dari penumpang, sehingga secara kaidah masuk dalam kategori angkutan umum,” katanya.

Ia menegaskan aturan tersebut diyakini akan lebih menguntungkan bagi taksi online. Terlebih payum hukum yang mengatur tentang keberadaan angkutan online saat ini sudah jelas.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...