Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hati-hati! Modus Kejahatan Ganjal Mesin ATM Kembali Marak

MuriaNewsCom, Kebumen – Kejahatan dengan modus mengganjal mesin ATM kembali marak di sejumlah daerah. Yang terbaru di Kebumen, tanbungan milik seorang laki-laki parah baya dikuras oleh penjahat yang berpura-pura menolong saat kartu ATM tak bisa keluar dari mesin.

Korbannya adalah Agung Riswanto (55), warga Desa Bejiruyung, Kecamatan Sempor, Kebumen. Uang tabungannya sebesar Rp 65 juta dikuras orang tak bertanggungjawab saat melakukan transaksi di mesin ATM BRI yang berada di Indomart Desa Jatinegara, Kecamatan Sempor, Selasa (30/1/2018) kemarin.

Uang miik korban diduga dikuras oleh orang yang pura-pura menolongnya saat kartu ATM terganjal. Pelaku berani menjalankan aksinya meski lokasi ATM berada di dalam toko modern.

Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar melalui Kasubbag Humas AKP Masnudin mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan kasus tersebut. Saat ini tim Resmob Polres Kebumen dan Reskrim Polsek Sempor tengah melakukan penyelidikan.

Ia menjelaskan, peristiwa itu bermula saat kroban melakukan transaksi di mesin ATM sekitar pukul 10.00 WIB. Usai melakukan tarik tunai, kartu ATM miliknya tak bisa dikeluarkan, seperti ada sesuatu yang mengganjal kartu.

“Saat korban panik, ada seorang pria menghampiri korban untuk membantu mengeluarkan. Tanpa sadar, si korban memberikan pin ATM kepada pria tersebut,” katanya.

Tidak hanya itu saja. Drama kejahatan semakin rapih, saat si pria meminta korban untuk pulang mengambil pinset di rumah.

Korban yang pada saat itu pulang ke rumah terkejut. Tiba-tiba ada pesan masuk melalui SMS Banking di ponselnya telah ada transaksi uang sebesar Rp 65 juta.

Korban yang panik, saat itu juga melaporkan ke Polsek Sempor mengenai kejadian itu. “Saat ini kasusnya masih dalam penyelidikan. Petugas di lapangan masih melakukan penyelidikan kasus itu,” ujarnya.

Modus kejahatan ganjal mesin ATM bukan hal pertama terjadu di Kebumen. Kasus semacam ini marak terjadi di beberapa kota di luar Kebumen. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada jika akan bertransaksi di mesin ATM.

“Jika perlu, saat akan menggunakan mesin ATM, alangkah baiknya kita gunakan mesin yang berada di kantor bank. Jika terjadi masalah segera laporkan ke petugas Satpam yang berada di bank, sehingga bisa terhindar dari aksi kejahatan,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...