Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Panwas Temukan Banyak Pendukung Bakal Calon Bupati Kudus Mulai Saling Serang di Medsos

MuriaNewsCom, Kudus – Panwas Kabupaten Kudus menemukan beberapa akun di media sosial (Medsos) mulai saling serang dengan mengejek salah satu bakal calon bupati dan wakil bupati Kudus 2018. Aktivitas tersebut mulai terlihat di komentar grup-grup Facebook ataupun aktivitas beranda masing-masing.

Untuk itu, pihaknya meminta agar bapaslon dan tim sukses ikut menciptakan iklim kondusif jelang pilkada. Ini mengingat pilkada sangat rentan jika salah satu sumbu dipatik.

“Di media sosial seperti facebook, kami menemukan kecenderungan ada akun yang mengarah ke satu bapaslon hingga menyebabkan saling ejek. Bahkan saling serang antar personal (antar akun pendukung),” ujar Ketua Panwaskab Kudus Wahibul Minan, Jumat (26/1/2018), saat mengawasi proses penyerahan dokumen penelitian administrasi bapaslon di Kantor KPU Kudus Jl Ganesha IV Purwosari, Kecamatan Kota Kudus.

Menurutnya, dalam waktu-waktu ini pihaknya sebatas melakukan pemantauan. Namun demikian, tak menutup kemungkinan Panwaskab Kudus akan mengambil tindakan dengan melaporkan temuan tersebut.

Minan berkata, selain mengawasi KPU kerja Panwaskab juga ikut mengawasi peserta pemilu. Terkait pelanggaran di dunia maya, dirinya mengatakan kepolisian juga memantau hal tersebut.

“Pun bila nanti akun yang saling serang itu abal-abal ada tim cyber patrol dari kepolisian yang akan mendeteksinya,” tambanya.

Selain mengawasi terkait gejolak dunia maya, Panwaskab Kudus juga meminta timses ikut berperan aktif selama masa kampanye nanti. Hal itu bisa dilakukan dengan melaporkan tim kampanye dan penanggungjawabnya ke panitia pengawas pemilu Kudus.

“Kita juga mengimbau agar bapaslon menyerahkan beberapa persyaratan kepada kami (panwaskab Kudus) berupa surat pernyataan tak pernah dipidana, bertaqwa kepada Tuhan dan sebagainya. Selain itu harus menyerahkan susunan tim sukses dan penanggungjawab saat kampanye,” jelasnya.

Ketua KPU Kudus M. Khanafi mengamini hal tersebut. “Agar semua pihak ikut menjaga kondusifitas, karena saat ini genderang pilbup sudah mulai terasa dengan pemasangan alat peraga yang berada dimana-mana,” ujar dia.‎

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...