Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kiai Ponpes Ploso dan Lirboyo Perintahkan Alumni Menangkan Ganjar-Yasin

MuriaNewsCom, Semarang – Pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Jateng, Ganjar Pranowo-Taj Yasin terus kebanjiran dukungan dalam Pilgub Jateng 2018. Aliran dukungan dari kalangan pondok pesantren pun mengalir deras.

Setelah jaringan alumni Pondok Pesantren Sarang menyatakan siap memenangkan Ganjar-Yasin, kini giliran jaringan dua pondok terbesar di Jawa Timur, yakni Ponpes Al Falah Ploso, dan Lirboyo, Kediri.

Para kiai pengasuh pondok pesantren ini menyatakan merestui pasnagan Ganjar-Yasin untuk maju dalam pilgub. Tak hanya sekadar merestui, para kiai juga menginstruksikan alumni pondok yang ada di Jateng untuk mendukung Ganjar-Yasin.

Pasangan Ganjar-Yasin sengaja datang ke dua pesantren ini, Rabu (24/1/2018) malam untuk meminta restu. Keduanya didampingi Al Qaid Santri Gayeng, Mukhlisin. Di Ponpes Al Falah Ploso, keduanya ditemui langsung KH Zainudin Jazuli, KH Nurul Huda Jazuli, dan KH Fuad Jazuli.

Dalam pertemuan itu, para kiai menyatakan merestui dan memberikan doa. Bahkan mereka juga menginstruksikan alumni Ploso di Jateng untuk bergerak mendukung Ganjar-Yasin.

“Seluruh alumni santri Ploso yang jadi pengasuh punya pesantren di Jateng harus mendukung, akan ada surat instruksi secara resmi,” kata Mukhlisin.

Menurutnya, alasan mendukung Ganjar-Yasin karena pasangan ini merupakan duet representasi nasionalis dan religius. Perpaduan ini merupakan jawaban atas persoalan bangsa yang sedang diuji persatuan dan kesatuannya.

“Beliau juga terkesan dengan gerakan Jateng Berselawat yang dilaksanakan Pak Ganjar sejak pertama jadi gubernur,” kata Mukhlisin.

Sementara di Ponpes Lirboyo, pasangan ini ditemui KH Kafabihi Mahruz. Anggota Rais Suriah PBNU itu langsung memberi restu dan memimpin doa khusus untuk kemenangan Ganjar-Yasin.

Kepada dua pemimpin muda ini, KH Kafabihi menceritakan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia yang tidak lepas dari perjuangan kaum nasionalis dan para kiai serta santri.

Jaringan alumni Ploso dan Lirboyo itu akan digabung dengan alumni Pondok Al Anwar Sarang yang diasuk KH Maimoen Zubair.

“Saya minta restu Kiai Kafabihi untuk mengajak santri Lirboyo saya ajak bergabung. Beliau mengizinkan dan mengajak bersama-sama mewujudkan pemilu yang adem dan gayeng,” terangnya.

Tak hanya itu, para kiai dari Kediri itu juga menyatakan siap untuk datang ke Jawa Tengah. “Kami akan membuat acara besar semacam himmah kemenangan dan seluruh kyai besar dari Jateng dan Jatim kami undang, seluruhnya sudah menyatakan siap rawuh,” pungkasnya.

Sementara Gus Yasin menyebut, dukungan dari para kiai menambah keyakinannya untuk memenangkan kontestasi pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Semalam setelah dari sowan ke Ploso dan Lirboyo, langsung muncul dukungan di grup-grup WA. Semua menyampaikan semakin mantab mendukung,” kata putra KH Maimoen Zubair itu.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...