Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jika Jadi Gubernur, Sudirman Said Bakal Panggil Investor Bangun Energi Listrik Terbarukan

MuriaNewsCom, Semarang – Bakal calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said berjanji jika terpilih jadi gubernur akan membangun energi listri dari energi baru terbarukan (EBT). Bahkan ia menyatakan akan memanggil para investor untuk membangun listrik energi terbarukan ini.

Ini dikatakan Sudirman dalam seminar Masa Depan Energi dan Sumber Daya Alam/mineral di Jateng, yang digelar Dewan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang, Rabu (24/1/2018).

“Kalau dipilih rakyat Jateng jadi gubernur, saya akan panggil para pengusaha pembangkit listrik untuk meningkatkan bauran EBT di pembangkitnya. Saya kira kalau pemimpinnya jujur, tidak punya kepentingan pribadi dan kelompok, pengusaha akan nurut,” kata Dirman.

Ia menyebut, saat ini bauran EBT di Jateng baru 4 persen dari 7.299 megawatt, atau sekitar 337 megawatt. Masih jauh di bawah ratas-rata nasional yang 9 persen.

Padahal menurut dia, untuk menghadapi ancaman habisnya energi fosil, energi baru terbarukan harus didorong, guna mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Apalagi sesuai Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) bauran energi nasional, tahun 2025 kontribusi EBT diharapkan mencapai 23 persen.

“Namun target tersebut nampaknya sulit dicapai. Karena hinga akhir tahun 2017 baurannya baru mencapai sekitar 9 persen. Dengan tingkat pertumbuhan EBT rata-rata hanya 0,54 persen per tahun sulit target bauran 23 persen tahun 2025 tercapai,” ujarnya.

Dirman memaparkan, saat menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), ia mengaku sangat mendorong pembangunan EBT. Meskipun saat itu dia mendapat tentangan, karena mahalnya investasi untuk membangun pembangkit EBT.

“Mahal karena kapasitas yang dibangun masih kecil. Kalau kapasitasnya besar dalam jangka panjang akan murah, dan mengurangi ketergantungan pada BBM impor,” terang dia.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...