Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

20.000 Pelajar di Jepara Deklarasikan Diri Tolak Narkoba

MuriaNewsCom, Jepara – Dua puluh ribu siswa-siswi di Jepara mendeklarasikan komitmen anti narkoba di Stadion Gelora Bumi Kartini, Rabu (24/1/2018).

Sejak Rabu pagi puluhan ribu pelajar yang terdiri dari siswa-siswi setingkat SMA, MA, SMK, dan SMP serta MTS itu datang dari ratusan sekolah yang tersebar di 15 kecamatan di Jepara. Mereka darang ke SGBK menumpang truk dan bus serta mobil yang disewa oleh pihak sekolah.

Wakapolres Jepara Kompol Aan Hardiansyah mengatakan, kegiatan ini berawal dari semangat untuk menghindari penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

“Deklarasi Pelajar Jepara Anti Narkoba merupakan ikhtiar untuk memberikan motivasi kepada para pelajar untuk menolak narkoba,” tuturnya, yang juga ketua panitia acara tersebut.

Ia mengemukakan, selain deklarasi pelajar, peserta kegiatan ini juga telah membuat surat pernyataan untuk tak menggunakan narkoba. Kedepan, deklarasi tersebut tak hanya sebatas seremoni, namun akan ditindaklanjuti dalam pembelajaran di ruang sekolah.

“Nantinya tenaga pendidik tidak hanya dari sekolah, akan tetapi kita (Polisi) melalui Bhabinkamtibmas akan mengajarkan tentang gerakan antinarkoba,” urainya.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Jepara Udik Agus DW mengungkapkan, secara bertahap akan diadakan Diklat khusus terhadap pendidik.

“Selain pendidikan kilat bagi pendidikan, materi gerakan antinarkoba di sekolahan, juga akan mendapatkan evaluasi secara bertahap agar secara efektif diterapkan dalam usaha membentengi kalangan pelajar terkait bahaya narkoba,” urainya yang juga Kepala SMAN I Jepara

Seorang siswi Yuni Oktaviani (15) murid SMAN I Kembang itu mengaku berangkat dari sekolahnya pukul 08.00 WIB.

“Saya berangkat bersama 400 teman saya, menumpang mobil ramai-ramai datang ke stadion untuk mengikuti kegiatan ini. Terkait narkoba harapannya saya atau teman saya tak ada yang menggunakannya. Kalaupun ada, kami lebih berani untuk melaporkanya,” ujar pelajar Kelas X itu.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...