Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Awas, Kades di Kudus Tak Netral di Pilkada Bisa Kena Semprit

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Kudus ancam terapkan sanksi berat bagi kepala desa yang tidak netral dalam ajang Pilgub dan Pilbup Kudus 2018.

“Sanksi hukuman disiplin berat akan diterapkan bagi kades yang terbukti tidak netral dan melakukan pelanggaran (dalam ajang pilkada 2018),” ujar Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus Eko Hari Jatmiko, Senin (22/1/2018) saat sosialisasi pengawasan bagi seluruh kades yang diselenggarakan Panwaskab Kudus, di Hotel Griptha.

Eko menyebut, kepala desa dilarang mengunakan fasilitas milik desa untuk mendukung kampanye salah satu pasangan calon. Disamping itu, Kades juga dilarang memberikan dukungan kepada calon memanfaatkan jabatannya.

“Seperti memberikan dukungan kepada paslon dengan memberikan surat dukungan dan fotokopi KTP. Selain itu, mereka juga dilarang membuat keputusan yang merugikan atau menguntungkan pasangan calon,” tambahnya.

Menurutnya, dukungan yag diberikan oleh oknum kades memanfaatkan institusi dan jabatannya, berpotensi menciptakan konflik horizontal. Oleh karenanya ia meminta agar kepala desa menjaga netralitas dan menciptakan iklim kondusif.

Wahibul Minan, Ketua Panwaskab Jepara menyebut tindakan tidak hanya dapat dilakukan oleh pemkab. Pihaknya sebagai lembaga pengawas pemilu juga bisa melakukan tindakan terkait pelanggaran yang dilakukan kades.

“Sesuai UU no 7/2017 pasal 29 huruf C, kades dan perangkat desa tidak boleh ikut terlibat kampanye, selama tahapan pilkada,” tuturnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...