Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sudirman Sebut Impor Saat Panen Raya Adalah Bencana Ekonomi

0 710

MuriaNewsCom, Semarang – Bakal calon gubernur Jateng, Sudirman Said kembali mengeluarkan kritikan tentang rencana pemerintah yang akan mendatangkan beras impor. Mantan Menteri ESDM itu menyebut, rencana impor itu sebagai bencana ekonomi, lantaran dilakukan saat panen raya.

Ia menyebut, rencana impor akan merugikan jutaan petani,  karena harga komoditas hasil panen akan anjlok. “Ini bencana ekonomi. Pemerintah harus turun tangan dan harus menunjukkan keberpihakannya pada petani,” katanya.

Hal ini dikatakan Sudirman Said saat bertemu dengn Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bawang, di Brebes, akhir pekan lalu. Menurut dia, sama seperti bencana alam, dalam hal ini juga harus ada upaya penyelamatan agar nasib petani tak semakin terpuruk.

Dalam kesempatan itu, para petani bawang juga mengeluhkan tentang anjloknya harga komoditi tersebut. Ketua Asosiasi Bawang Indonesia, Juwari. Dia mengatakan, terpuruknya harga bawang merah saat panen bukan kali ini saja, karena selalu terjadi di setiap panen.

Menjawab keluhan para petani bawang terabut Pak Dirman menyampaikan, saat ini dirinya belum punya wewenang apa-apa untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi petani. Baik petani bawang maupun petani padi yang tengah menghadapi ancaman beras impor.

“Sekarang saya baru bisa urun rembug mencari solusi. Tetapi kalau saya terpilih saya punya program untuk memuliakan petani. Saya akan larang beras impor masuk Jawa Tengah. Dan saya akan mendorong manajemen pascapanen agar harga komoditi pertanian terjaga,” terang Pak Dirman.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.