Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Sedulur Sikep di Kudus Ternyata Antusias Milih Bupati Baru, Ini Buktinya

0 771

MuriaNewsCom, Kudus – Warga Sedulur Sikep ternyata tak begitu tertutup atau tak peduli dengan jalannya pemerintahan. Buktinya, warga komunitas Samin ini cukup antusias untuk memilih calon bupati Kudus yang baru.

Ini terlihat ketika KPU Kudus melaksanakan coklit (pencocokan dan penelitian) daftar pemilih, Sabtu (20/1/2018). Di hari pertama tahapan coklit ini KPU juga menyambangi warga Sedulur Sikep.

Budi Santoso yang merupakan sesepuh dari Kelompok Sedulur Sikep memperlihatkan antusiasme warga Samin untuk mengikuti pesta demokrasi ini.

Kepada MuriaNewsCom, Ketua KPU Kudus M. Khanafi mengatakan ada antusiasme dari komunitas tersebut untuk mengikuti pesta demokrasi lima tahunan.

“Tokoh Sedulur Sikep menerima kami (komisioner KPU Kudus) dengan baik, open (terbuka) bahkan insyaallah nanti pada saatnya (hari pencoblosan) beliau akan datang ke TPS,” ujarnya.

Hal itu menurutnya adalah sinyal positif bagi alam demokrasi khususnya di Kudus. Tak hanya tokoh sedulur sikep, sejumlah tokoh di Kudus har ini juga disambagi KPU untuk dicoklit.

“Kami juga bertandang ke dalemnya (rumah) Mbah Kyai Haji Sya’roni Ahmadi. Tadi sudah ketemu dengan keluarganya dan beliau juga ada,” tuturnya.

Di samping tokoh agama dan masyarakat, tim dari KPU juga menyambangi kediaman pengusaha lokal Deka Hendratmanto (pendiri MuriaNewsCom) dan aktivis perempuan Noor Hani’ah. Menurutnya respon yang diberikan cukup bagus.

“Artinya coklit di hari pertama yang menyasar tokoh berpengaruh di Kudus mendapatkan respon yang bagus dan mereka mau terbuka dalam mengikuti tahapan dalam pesta demokrasi di Kudus,” ungkap Khanafi.

Adapun, petugas yang dikerahkan pada coklit hari pertama sejumlah1.937 petugas. Selain petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) komisioner KPU Kudus beserta PPS dan PPL juga ikut turun langsung menyambangi warga.

Tahapan coklit daftar pemilih Pilgub Jateng dan Pilbup 2018 di Kudus akan sasar setidaknya 7.455 rumah. Kegiatan itu berlangsung dari 20 Januari-18 Februari 2018.

“Dari jumlah PPDP 1.491 (sesuai TPS) minimal setiap petugas minimal mendatangi lima rumah, sehingga jumlahnya sekitar 7.455 rumah,” urainya.

Dengan jumlah tersebut, setidaknya warga yang dapat disurvei adalah 29.820 orang, dengan asumsi per rumah ditinggali empat orang.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.