Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kapolres Blora Ajak Warga Patroli, Ini Tujuannya

MuriaNewsCom, Blora – Kapolres Blora AKBP Saptono mengajak warga Kota Mustika untuk patroli keamanan. Caranya, dengan menggalakkan lagi sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Hal itu dilakukan guna menciptakan lingkungan yang aman dari tindak kejahatan. Apalagi, ia mengakui untuk mewujudkan hal itu tidak bisa dilakukan beberapa instansi saja, melainkan butuh pula kesadaran warga.

”Siskamling ini perlu digalakkan lagi. Sebab, melalui siskamling sangat efektif meminimalisasi terjadinya tindak kejahatan,” ujar Kapolres Blora AKBP Saptono, saat meresmikan Pos Kamling di Kampung Mboyang, Kelurahan/Kecamatan Randublatung, Kamis (19/1/2018).

Kapolres mengimbau kepada seluruh camat, kepala desa dan kepala kelurahan untuk lebih peduli dengan keamanan lingkungan di wilayah tugasnya masing-masing dengan mengaktifikan kembali siskamling. Hal ini penting dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat setempat.

Selain mengaktifkan kembali siskamling, kapolres juga meminta dukungan masyarakat dengan memberikan informasi apabila menemukan orang tidak dikenal dengan gelagat mencurigakan di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Ia juga minta kepada aparat pemerintahan, khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, supaya bersinergi dengan babinsa dan babinkamtibmas.

”Seluruh komponen masyarakat harus selalu peka dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan, segera laporkan kepada aparat keamanan,” pesannya.

Beberapa waktu sebelumnya, kapolres sempat melangsungkan kegiatan jagong kamtibmas di wilayah tersebut. Dari kegiatan itu, akhirnya muncul semangat warga untuk membangun pos kamling yang semua tipe C (biasa) menjadi tipe A (permanen).

”Dengan berdirinya Pos kamling baru ini, saya berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, dengan kegiatan yang bersifat positif dan membantu menjaga kamtibmas. Hal ini perlu dilakukan karena kamtibmas itu merupakan tanggung jawab kita semua,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...