Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinas Pertanian: Hasil Panen di Kudus Cukup untuk Penuhi Persediaan Pangan

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertanpangan) Kudus memperkirakan, hasil panen padi di awal tahun ini mencukupi untuk persediaan pangan di Kota Kretek.

“Kalau luas lahan kita ada sekitar 8.500 hektare, dengan jumlah tersebut satu hektarnya diperkirakan bisa menghasilkan 7-8 ton gabah,” ujar Catur Sulistyanto Kepala Dispertanpangan Kudus, Kamis (18/1/2018).

Menurutnya, hasil panen kali ini terbilang bagus. Hal itu ditunjang dengan harga yang tidak anjlok. Dari sembilan kecamatan, Undaan menjadi yang paling potensial.

Hal itu diamini oleh Kepala Desa Berugenjang, Kecamatan Undaan, Kiswo. Menurutnya hasil panen pada tahun ini melimpah dan berkualitas bagus.

“Hasil panen di Desa kami lebih bagus dari tahun lalu. Dengan ini kami bisa meningkatkan kesejahteraan warga dan mencukupi kebutuhan pangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Gapoktan Desa Berugenjang Masmi menyebut, panen tahun ini memang lebih baik jika dibanding tahun lalu.

“Kalau tahun lalu kerapkali diseang hama, selain itu cuacanya kurang mendukung. Terkait harga gabah, saat ini gabah hasil petani di Berugenjang dihargai Rp 6.000 perkilogram,” ungkapnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...