Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Serahkan Perbaikan Dukungan, Harjuna Yakin Lolos Jadi Calon Bupati Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Bakal Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Kudus dari jalur perseorangan Noor Hartoyo-Junaidi (Harjuna), menyerahkan syarat dukungan perbaikan, Kamis (18/1/2018). Dari syarat yang dibutuhkan sebanyak 8.565 lembar e-KTP, tim pemenangan pasangan itu, membawa 12.358 lembar dukungan berupa salinan e-KTP.

Habib Murtadho Ketua Tim Pemenangan Bapaslon Harjuna mengatakan, dengan jumlah tersebut pihaknya merasa yakin bisa memenuhi persyaratan dari KPU Kudus untuk menjadi calon bupati dan wakil bupati.

“Dari kekurangan yang diminta sebanyak 8.565 kami serahkan perbaikan berkas persyaratan sebanyak 12.358. Kami rasa ini mencukupi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU M. Khanafi mengatakan, meskipun Harjuna menyerahkan lebih dari yang dipersyaratkan akan tetapi yang bersangkutan tak langsung lolos. Setelahnya, masih ada tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual yang harus dilalui.

“Jikalau fisiknya (syarat dukungan) yang diserahkan memenuhi jumlah 8.565 kami akan terima. Namun harus mengalami verifikasi administrasi dan faktual,” tuturnya.

Perlu diketahui, saat penyerahan syarat dukungan ke KPU Kudus (beberapa saat lalu), bapaslon Hartoyo menyerahkan sekitar 51.500 e-KTP. Dari jumlah tersebut, hanya 40.995 e-KTP yang dinyatakan memenuhi syarat.

Sedangkan, syarat minimal dari KPU untuk jalur perseorangan adalah 45.323 e-KTP. Praktis, bapaslon tersebut harus memenuhi dua kali lipat dari jumlah kekurangan 4.328, yakni sekitar 8.656.

“Nanti jika jumlah yang diserahkan (12.358) lolos verifikasi administrasi, baru kemudian kita lakukan verifikasi faktual dengan mendatangi apakah pemberi dukungan memang benar-benar memberikan dukunganya pada bapaslon,” jelasnya.

Adapun penetapan bapaslon Harjuna, baru dilaksanakan, ketika dukungan yang diajukan memenuhi syarat yang diajukan KPU Kudus.

“Nanti yang dihitung (sah atau tidak) dukunganya adalah sesuai dengan kekurangannya kemarin yakni 4.328,” terang Khanafi.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...