Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KA Tanker Anjlok di Banyumas, 11 Kereta Tertahan Berjam-jam

MuriaNewsCom, Purwokerto – Peristiwa kereta api anjlok kembali terjadi. Kamis (18/1/2018) dini hari, kereta tanker 2614F Gamao relasi Tegal-Maos, anjlok di KM 358+6/7 empalsemen Stasiun Notog, Kabupaten Banyumas. Kereta pengangkut BBM milik Pertamina itu anjlok sekitar pukul 00.52 WIB.

Proses evakuasi kereta yang anjlok mencapai e jam, sehingga menganggu jadwal perjalanan sejumlah kereta api. Tercatat ada 11 jadwal perjalanan yang tertahan hingga berjam-jam.

Dilansir Antara Jateng, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan, ada empat as gerbong yang anjlok dan mengganggu jadwal kereta api di lintas Purwokerto-Kroya. Ia memastikan jika gerbong kereta yang anjlok itu dalam kondisi kosong.

”KA Gamao Tanker itu mengalami anjlok empat as gerbong ketel nomor 3065101 terjadi pada pukul 00.52 WIB sehingga mengganggu operasi kereta api di lintas Purwokerto-Kroya,” katanya.

Ia mengatakan, untuk mengevakuasi kereta itu PT KAI Daop V mengirim gerbong penolong dari Purwokerto. Gerbong penolong ini berisi peralatan untuk mengangkat gerbong yang anjlok.

Proses evakuasi berlangsung hingga pukul 06.10 WIB. Pihak KAI juga masih melakukan penyelidikan terkait penyebab anjloknya kereta tersebut.

Ixfan mengakui, akibat kejadian itu sejumlah jadwal perjalanan kereta di lintas Purwokerto-Kroya mengalami keterlambatan sekitar 4-5 jam. Ada 11 perjalanan kereta yang tertahan di sejumlah stasiun yang terganggu atas peristiwa tersebut.

Pusat Pengendali Perjalanan Kereta Api (PPPKA) mencatat ada sejumah kereta yang tertahan. Yakni KA 8 Argo Lawu relasi Gambir-Solo Balapan tertahan di Stasiun Purwokerto, dan mengalami keterlambatan 307 menit.

Selain itu, KA 54 Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta tertahan di Stasiun Purwokerto mengalami keterlambatan 279 menit, KA 152 Bogowonto relasi Pasarsenen-Lempuyangan di Stasiun Purwokerto mengalami keterlambatan 239 menit, KA 116 Senja Utama Solo relasi di Stasiun Karanggandul mengalami keterlambatan 233 menit.

Selanjutnya, KA 58 Purwojaya relasi Gambir-Purwokerto-Cilacap tertahan di Stasiun Karangsari dan mengalami keterlambatan 219 menit, KA 186 Progo relasi Pasarsenen-Lempuyangan di Stasiun Karangsari mengalami keterlambatan 211 menit, KA 188 Logawa relasi Purwokerto-Jember masih di Stasiun Purwokerto terlambat 60 menit.

Begitu juga dengan KA 2726 pengangkut Semen Tiga Roda di Stasiun Patuguran terlambat 19 menit, serta KA 2741F pengangkut Semen Holcim di Stasiun Kebasen terlambat 202 menit.

“KA 215 Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen yang seharusnya diberangkatkan pukul 06.30 WIB masih tertahan di Stasiun Purwokerto, sedangkan KA 220 Serayu relasi Pasarsenen-Kiaracondong-Kroya-Purwokerto hingga pukul 07.42 WIB tertahan di Stasiun Kroya,” kata Ixfan.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...