Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pasokan Berkurang, Harga Ikan Laut di Pasar Mayong Jepara Melambung

MuriaNewsCom, Jepara – Harga ikan laut di Pasar Mayong Jepara melambung, menyusul tidak adanya pasokan karena cuaca buruk di laut. Akibatnya konsumen memilih membatasi pembelian sumber protein hewani itu.

Nirus Saadah (50) mengaku batal membeli kerang laut, mengetahui harganya naik. Ketika bertanya kepada penjual ia setengah kaget mengetahui hal itu.

“Loh biasanya kerang itu Rp 10 ribu perkilogram, kok sekarang sudah naik Rp 18 ribu. Ya tidak jadi membeli kalau gitu, buat membeli kebutuhan lainnya,” ujarnya kepada pedagang ikan di Pasar Mayong Rokhis.

Sementara itu, Rokhis mengaku saat ini pasokan ikan laut memang berkurang. Hal itu praktis membuat harganya melambung.

Kurangnya pasokan itu, menurut dia disebabkan cuaca di lautan. “Katanya sih ombaknya sedang besar sehingga nelayan tidak berani melaut. Akibatnya tidak ada yang setor ke sini,” terangnya.

Sebagai ganti, pedagang menjajakan ikan air tawar seperti nila, mujair, dan lele. Sementara untuk ikan laut seperti kembung, tunul, munir dan sebagainya langka di pasaran.

Pedagang lain, Jumiatun mengatakan jika ada pasokan ikan laut maka harganya melambung. Seperti ikan kembung dari harga Rp 16 ribu perkilogram kini menjadi Rp 23 ribu perkilogram, ikan blanak dari harga Rp 33 ribu menjadi Rp 35 ribu.

“Hal itu terang saja membuat pembeli menjadi berkurang. Kalau beli ya tidak banyak paling-paling seperempat kilo atau setengah kilogram ikan,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...