Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Upaya Penanaman Kembali Pohon Kantil ‘Kartini’ Terhalang Kondisi Akar yang Rapuh

MuriaNewsCom, Jepara – Rencana Pemkab Jepara menanam kembali pohon kantil bersejarah di lingkungan pendapa yang tumbang, terkendala kondisi akar pohon tersebut. Setelah diipantau seksama, banyak diantaranya yang sudah membusuk.

“Dari pengamatan, akar pohon kantil tersebut banyak yang busuk dan keropos,” kata Kepala Bagian Umum Setda Jepara Ony Sulistiawan, Rabu (17/1/2018).

Menurutnya, upaya penanaman kembali Pohon Kantil berusia lebih kurang 150 tahun itu karena faktor kesejarahan. Dalam catatan sejarah, pohon tersebut merupakan tempat Pahlawan Perempuan asal Jepara RA Kartini merenungkan pemikirannya.

Baca: Pohon Kantil Berusia 150 Tahun Tempat R.A. Kartini Merenung Tumbang, Apa Maknanya?

Seperti diberitakan, pohon kantil berdiameter satu meter dan tinggi sekira 10 meter itu tumbang pada Selasa (16/1/2018) dini hari. Berada di belakang pendapa kabupaten, pohon tersebut menimpa ruangan yang digunakan ajudan bupati beristirahat. Beruntung, kejadian itu tak menimbulkan korban jiwa.

Ony melanjutkan, meskipun menghadapi tantangan berupa busuknya akar-akar dari pohon kantil itu, namun pihaknya tetap mengusahakan penanaman kembali. Hal itu akan dikomunikasikan dengan pihak terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup.

“Nanti tetap akan kami usahakan, akan tetapi hal itu membutuhkan konsutasi dengan pihak terkait,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...