Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Ada Pasokan Ikan, Aktivitas di TPI Ujung Batu Jepara Sepi

MuriaNewsCom, Jepara – Akftivtas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Batu sepi, menyusul sejumlah nelayan yang tak melaut karena cuaca di laut buruk, Rabu (18/1/2018). Hal itu memengaruhi pasokan ikan.‎

Pantauan MuriaNewsCom, bagian depan TPI yang biasanya digunakan pedagang menggelar dagangan nampak lengang. Hanya beberapa pedagang menjajakan ikan, dalam beberapa nampan kecil. Sementara dibagian belakang pedagang nampak memilih ikan-ikan yang baru diturunkan dari kapal.

Seorang penjual ikan di TPI Ujung Batu Sofiatun (55) mengaku tidak membuka lapaknya. Lantaran harga ikan yang melambung karena kurangnya pasokan dari nelayan.

“Gak jualan hari ini, tidak berani kulakan ikan, wong harganya mahal dan kualitasnya jelek-jelek,” ujarnya.

Menurutnya, saat paceklik ikan seperti ini pasokan ikan dari nelayan seret. Alhasil, ikan yang didapat menurun dari segi kuantitas maupun kualitas.

Menurut Sofiatun, pada hari biasa pasokan ikan yang dibeli mencapai puluhan basket (50 kilogram). Namun kini, jika ada pasokan ikan pedagang pun akan menebus seadanya.

“Ya kalau kulakan ya seadanya. Tidak sampai sebasket, mungkin cuma beberapa kilogram saja yang bisa dibeli dari nelayan kemudian dijual. Otomatis harganya ikut naik,” jelasnya.

Pedagang lain, Murodhiyah mengaku masih menjual ikan meskipun harganya naik. Dikatakannya, sudah sekitar empat hari kondisi tersebut ia alami.

“Sudah empat hari pasokan ikannya sepi karena nelayan tidak melaut. Adanya ya ini dijual,” tuturnya.

Ia mengakui, saat ini kegiatan di TPI Ujung Batu memang sepi. Meskipun ada beberapa diantara pedagang ikan yang datang, namun mereka memilih untuk tidak membuka lapak. Mereka memilih untuk menunggu ada atau tidaknya ikan.

Sementara itu, harga jual ikan melonjak dari keadaan normal. Seperti tongkol yang kini harganya Rp 60 ribu perkilogram, dari sebelumnya Rp 35 ribu, ikan bandeng pun naik, dari Rp 16 ribu kini menjadi Rp 23 ribu perkilogram.

“Hari ini mendingan ada nelayan, beberapa hari lalu justru tidak ada. Sebagian ikan pasokannya juga dari daerah timur seperti Pati dan Rembang,” pungkas Rodhiyah.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...