Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gunakan 35 Bus, Ribuan Nelayan Cantrang Pati Ngluruk ke Istana Negara

MuriaNewsCom, Pati – Ribuan nelayan cantrang di Pati, berangkat ke Istana negara, Selasa (17/1/2018). Ribuan nelayan berangkat secara serempak menggunakan 35 bus untuk bertemu presiden RI Joko Widodo.

Hery, nelayan cantrang pati menyebutkan, jumlah nelayan yang ikut ke Jakarta sejumlah 1.500an nelayan. Semuanya menggunakan bus yang mencapai 35 bus untuk bersama-sama meminta kelegalan kapal cantrang diperbolehkan operasi kembali.

”Ini merupakan janji yang kami buat para nelayan untuk datang langsung menemui presiden,” katanya kepada awak media.

Baca: Ribuan Nelayan di Pati Desak Cantrang Diizinkan Lagi Berlayar

Menurut dia, Permen no 71 tahun 2016 harus dibatalkan dan melegalkan cantrang. Jika dipertahankan hanya akan membuat nelayan cantrang asli Indonesia semakin menderita.

Sementara, Rasmijan, nelayan centrang yang ikut ngluruk ke Jakarta menyatakan hal yang sama. Bagi dia, pemerintah tak memiliki alasan melarang kapal cantrang. Apalagi jika alasannya kapal cantrang merusak karang.

”Mari kita cek sama-sama kalau tidak percaya. Soalnya kami sudah cek dan itu tidak merusak karang,” ungkap dia.

Ditambahkan, selain menggelar aksi di istana, para nelayan juga berencana menggelar istighotsah bersama para nelayan di hari yang sama. Langkah itu dilakukan supaya pemerintah melek untuk melihat kembali potensi centrang.

Editor: Supriyadi

Baca: Ribuan Nelayan Cantrang Pati Tulis Surat untuk Presiden Jokowi

Comments
Loading...