Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bupati: Warga Blora Saya Minta Ojo Nyolong Kayu di Hutan

MuriaNewsCom, BloraBupati Blora Djoko Nugroho meminta warganya agar ikut andil dalam melestarikan kawasan hutan yang ada disekitarnya. Salah satunya tidak mencuri kayu di hutan. Hal itu dinilai akan merusak hutan dalam jangka panjang.

”Kalau hutannya bagus akan membawa manfaat bagi banyak orang. Untuk itu, saya minta kepada warga Blora, ojo nyolong (jangan mencuri) kayu di hutan. Kalau ambil yang kecil-kecil (dahan) untuk kayu bakar masih dibolehkan. Yang dilarang iku kalau negor (menebang) pohon yang besar,” kata Djoko, usai melakukan penyerahan bagi hasil produksi kayu dan non kayu dari Perhutani KPH Blora, Selasa (16/1/2018).

Menurut Djoko, berbagai upaya terus dilakukan untuk menjaga dan melestarikan kawasan hutan tersebut. Selain melibatkan berbagai instansi terkait, pihak Perhutani selama ini juga mengandeng pemerintah daerah.

Baca: Perempuan di Blora Ini Dibui Gara-gara Curi Kayu Bakar, Ternyata Segini yang Diambil

Kemudian, upaya pelestarian yang dilakukan juga melibatkan masyarakat sekitar untuk ikut menjaga dan melestarikan kawasan hutan melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

”Untuk menjaga dan melestarikan kawasan hutan kita libatkan berbagai komponen, termasuk masyarakat sekitar. Sejauh ini, kerjasama dengan masyarakat atau LMDH ini hasilnya positif. Yakni, pihak LMDH sudah mulai mendapatkan bagi hasil dari produksi kayu maupun non kayu,” kata Djoko.

Ia mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan. Adanya hutan akan membawa banyak manfaat buat masyarakat luas. Terlebih jika hutannya bagus maka akan banyak manfaat yang bisa dirasakan banyak orang.

”Sekali lagi mari kita jaga hutan kita. Ojo nyolong kayu, opo meneh nebang pohon (jangan mencuri kayu, apalagi menebang pohon),” tegasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...