Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Asyik, 3 Embung Baru di Blora Ditebari 22 Ribu Benih Ikan 

MuriaNewsCom, Blora – Agar bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat sekitar, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Blora menebar benih ikan di perairan umum jenis embung yang baru selesai dibangun akhir tahun 2017 lalu. Yakni embung Purwosari, embung Rawa Karangjati dan embug Plered yang semuanya berlokasi di Kecamatan Blora.

Penebaran benih ikan dipimpin langsung oleh Bupati Blora Djoko Nugroho didampingi Kepala Disnakkan Wahyu Agustini. Hadir pula, Kepala Dinporabudpar Kunto Aji, Camat Blora Sarmidi, Kepala Desa Purwosari, Lurah Karangjati dan Kepala Desa Purworejo.

”Semua ikan yang dilepas di tiga embung ini sengaja diberikan untuk masyarakat. Saya berharap benih ikan dijaga dan dirawat bersama. Kalau ikannya sudah besar, boleh dipancingi tapi tidak boleh dijaring,” kata Djoko usai penebaran benih ikan.

Djoko berharap agar keberadaan embung tidak hanya sebagai tempat tampungan air untuk kepentingan lahan pertanian saja. Namun, dalam jangka panjang bisa dimanfaatkan untuk perikanan darat dan pariwisata.

”Nantinya masyarakat bisa mancing bersama sambil bersantai ria setiap akhir pekan di tepi embung,” ujar Bupati yang akrab dipanggil Pak Kokok itu.

Kepala Disnakkan Blora Wahyu Agustini mengatakan, jumlah benih ikan yang ditebar sebanyak 22.350 ekor. Terdiri dari 17.500 ekor benih ikan nila dan 4.850 ekor ikan patin.

”Untuk embung Purwosari diberi 3.000 ekor ikan nila dan 450 ekor ikan patin. Kemudian, sebanyak 6.000 ekor nila dan 900 patin ditebar di embung Rawa Karangjati diberi dan embung Plered diberi 8.500 ekor nila dan 3.500 ekor patin,” ungkapnya, Senin (15/1/2018).

Menurutnya, pembangunan ketiga embung itu baru saja selesai akhir 2017 lalu dan mulai terisi air pada Januari ini. Sesuai arahan Bupati, pada ketiga embung baru itu perlu ditebari benih ikan agar ekosistem alamnya baik. Selain itu, benih ikan nantinya bisa dimanfaatkan warga masyarakat sebagai sumber pangan atau lauk makanan.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...