Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Wakilnya Sama-sama NU, 2 Cagub Jateng Rebutan Dukungan Muhammadiyah

MuriaNewsCom, Semarang – Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jateng baik pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziah, sama-sama mempunyai dukungan secara tidak langsung dari ormas Islam terbesar yakni Nahdlatul Ulama (NU).

Di kubu Ganjar, ada Taj Yasin (Gus Yasin) yang merupakan seorang santri NU, putra ulama kharismatik KH Maimoen Zubair dan kader PPP. Sementara kubu Sudirman Said ada Ida Fauziah, yang punya latarbelakang Fatayat NU. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU periode 2010-2015, dan ketua Fraksi PKB DPR RI.

Kini kedua pasang cagub ini seperti memperebutkan dukungan dari Muhammadiyah, sebagai salah satu ormas Islam terbesar selain NU. Secara bergantian, dua pasang kandidat sowan ke PW Muhammadiyah Jateng.

Pasangan Ganjar-Gus Yasin berkunjung ke Kantor PW Muhammadiyah Jateng, di Jalan Singosari Raya, Pleburan, Kota Semarang, Sabtu (13/1/2018) sore. Sementara pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah dijadwalkan bertemu pengurus PW Muhammadiyah Jateng, Senin (15/1/2018) sore ini.

“Hari ini agenda Pak Dirman pukul 13.00 WIB, menghadiri silaturahmi korwil dan korcab PPIR Jateng dan Yogya, di Hotel Santika Semarang. Sorenya pukul 15.30 bersama bacawagub silaturahmi dengan pimpinan PW Muhammadiyah Jateng,” kata Hartono, koordinator tim media Sudirman Said.

Sementara dalam kunjungan Ganjar-Yasin, akhir pekan kemarin, keduanya disambut Ketua PW Muhammadiyah Jateng, Tafsir. Dialog dengan pimpinan PW Muhammadiyah juga berlangsung penuh canda.

Ganjar juga mengakui ia bersama Gus Yasin datang ke PW Muhammadiyah untuk meminta doa restu maju dalam pencalonan Pilgub Jateng.

“Sowan saya ke sini minta doa minta restu saya sebagai gubernur yang diminta maju lagi. Mudah-mudahan apa yang sudah saya kerjakan dan saya sadar betul banyak kekurangan mungkin bisa memberi gambaran pada masyarakat untuk menentukan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Tafsir bahkan sempat berkelakar jika seharusnya Ganjar langsung dilantik tanpa perlu prosedur Pilgub. “Kalau di Muhammadiyah jabatan kedua tinggal dilantik langsung. Di rektor juga dua kali, yang kedua tidak pilihan ulang tapi langsung di SK kan,” katanya.

Tafsir menceritakan hubungan organisasi yang dipimpinnya sangat erat dengan Pemprov Jateng. PW Muhammadiyah Jateng saat ini memiliki amal usaha berupa 32 rumah sakit, ratusan klinik, 25 perguruan tinggi, dan ribuan sekolah.

Baca : PKB Merapat, Sudirman Said Diduetkan dengan Ida Fauziah

Dalam pendirian dan pengelolaan amal usaha tersebut, pembiayaan utama berasal dari Bank Jateng. “Dalam setahun kredit kami ada Rp 300 miliar dan 75 persennya dari Bank Jateng,” ujarnya.

Tafsir juga mengungkapkan bagaimana selama dipimpin Ganjar Pranowo telah banyak bantuan yang diberikan kepada Muhammadiyah.

“Terimakasih pada Pak Gubernur sudah memberi banyak bantuan kepada kami termasuk CSR Bank Jateng yang keputusannya di Pak Gubernur, salah satunya untuk SD Muhammadiyah Salatiga dan prasarana lain,” paparnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...