Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pasar Bangsri Jepara, Nasibmu Kini

MuriaNewsCom, Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara akan secara bertahap membangun Pasar Bangsri. Hal itu karena terganjal keuangan daerah yang belum mampu menanggung seluruh biaya renovasi yang diperkirakan mencapai Rp 60 miliar.

“Tahun 2018 ini, kami (pemkab) baru menganggarkan Rp 11 miliar untuk pembangunan Pasar Bangsri. Sementara habisnya (estimasi total) hampir Rp 60 miliar. Oleh karenanya (pasar) Bangsri akan dibangun secara bertahap, nanti jika keuangan daerah mencukupi dalam kurun 1-2 tahun bisa rampung,” tutur Kabid Pasar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Musthakim, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, Pasar Bangsri yang saat ini berada di dekat terminal bus akan direlokasi ke tempat baru, yakni belakang Pasar Pon (pasar hewan). Sementara Pasar Pon akan dipindah ke Jeruk Wangi.

Pihaknya telah mempersiapkan lahan sebesar 3,2 hektar. Menurutnya, pembangunan dan relokasi Pasar Bangsri tidak akan mengganggu aktifitas pedagang yang saat ini masih menempati lokasi lawas.

“Mulai Pasar Pon kesana kita akan bangun Pasar Bangsri. Luasnya sekitar 3.2000 meter persegi. Namun dalam pembangunannya tidak akan mengganggu pedagang karena memang lokasinya baru,” ungkapnya.

Dirinya menyebut, saat ini Pasar Bangsri sudah tidak representatif. Hal itu dilihat dari luasan pasar dan rencana pelebaran jalan yang nantinya juga memengaruhi secara langsung tata letak pasar tersebut.

Musthakim merinci, di lokasi lama lahan yang ditempati pedagang hanya 8000 meter persegi. Sementara lebar pasar di sebelah barat hanya 40 meter persegi dan sebelah timur hanya 25 meter persegi.

“Bayangkan jika nanti jalan di sebelah utara dan selatan diperlebar, otomatis lebar pasar juga akan berkurang. Hal itu tentunya menjadi tak nyaman bagi pedagang maupun pembeli,” urainya.

Dirinya menyebut, rencana relokasi dan pembangunan Pasar Bangsri sudah disosialisasikan kepada para pedagang. Pihaknya mengklaim, pedagang sudah menyetujuinya.

Hanya saja dengan anggaran yang belum mencukupi, proses pembangunan akan dilaksanakan secara bertahap.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...