Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kepala Sekolah di Grobogan Diminta Ciptakan Inovasi

MuriaNewsCom, Grobogan – Kepala sekolah diminta untuk bisa menciptakan inovasi demi kemajuan dunia pendidikan di Grobogan.

Hal itu disampaikan Kepala Disdik Grobogan Amin Hidayat saat menghadiri acara sertijab 20 kepala SMP Negeri di gedung PGRI, Sabtu (13/1/2018). Beberapa hari sebelumnya, 20 kepala sekolah baru itu sudah dilantik Bupati Grobogan Sri Sumarni di pendapa kabupaten.

“Tugas yang diemban kepala sekolah saat ini makin berat. Untuk itu, perlu terobosan dengan menciptakan inovasi demi kemajuan pendidikan. Kepala sekolah dan para guru serta komite sekolah harus bersatu, bahu membahu untuk menyelesaikan permasalah pendidikan,” tegasnya.

Amin meminta, para kepala sekolah sudah harus aktif di tempat tugas baru mulai Senin (15/1/2018). Tahap awal, mereka diminta mempelajari kondisi tempat tugas baru.

“Analisa kondisi awal di tempat tugas baru ini penting dilakukan. Setelah dianalisa, maka bisa segera menentukan langkah selanjutnya. Yakni, meningkatkan keberhasilan yang sudah dicapai dan membenahi kekurangannya. Buat program jangka pendek, menengah dan panjang,” kata mantan Kepala SMAN 1 Purwodadi itu.

Kepala sekolah juga diminta memahami tugas, fungsi dan tanggung jawab pada jabatan yang dipercayakan. Selain pemahaman akan tugas, disiplin juga memiliki kedudukan penting dalam keberhasilan kerja.

Akumulasi dari pemahaman tugas, fungsi dan tanggung jawab serta kedisiplinan tersebut yang akan membentuk kepala sekolah menjadi aparatur sekaligus pendidik yang berkualitas. Apabila kondisi ini telah terbentuk dan terpatri dalam sanubari maka di manapun ditempatkan, tetap akan dapat berperan dan menyelesaikan tugas dengan baik.

“Saya minta pada kepala sekolah agar fokus. Tinggalkan pekerjaan sampingan yang ada,” cetusnya.

Amin berharap kepada kepala sekolah agar agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan mencermati setiap perubahan dan tuntutan jaman yang ada. Kedudukan Kepala Sekolah bisa dikatakan sebagai “Top-Manager” yang harus mampu menyerap, mengayomi setiap aspirasi, dan masukan yang disampaikan bawahan ataupun yang muncul ditengah masyarakat dengan setiap kebijakan yang diambil.

“Tingkatkan konsolidasi intern unit kerja dengan membentuk sebuah team work yang tangguh bersama bawahan maupun orang tua murid. Jangan segan-segan untuk melakukan koordinasi ataupun konsultasi khususnya kepada Dinas Pendidikan maupun lembaga tekhnis lainnya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Amin juga sempat memberikan apresiasi pada kepala sekolah yang sudah purna tugas. Meski sudah purna, mereka tetap diminta memberikan masukan demi kemajuan pendidikan di Grobogan.

Editor : Ali Muntoha

 

Comments
Loading...