Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Kerusuhan Pilgub, Pasukan Dalmas Polres Grobogan Digembleng

MuriaNewsCom, Grobogan – Meski pelaksanaan Pilgub 2018 masih bulan Juni mendatang, namun pihak Polres Grobogan sudah melakukan persiapan sejak dini untuk mengamankan perhelatan pesta demokrasi tersebut. Salah satunya adalah menyiapkan pelatihan bagi pasukan pengendalian massa (Dalmas) guna mengantisipasi kemungkinan munculnya kerusuhan pada Pilgub nanti.

Personel yang tergabung dalam pasukan ini berasal dari Satuan Sabhara dan Polsek jajaran. Pelaksanaan latihan di Mapolres dipimpin langsung Kasat Sabhara AKP Lamsir, Sabtu (13/1/2017).

”Dalam Pilgub mendatang kami tidak mau kecolongan. Oleh sebab itu, kami mulai menggembleng satuan pengendalian massa (dalmas) dalam hal penjagaan dan mengantisipasi kerusuhan,” ungkap Kabagops Kompol Sigit Ari Wibowo yang ikut memantau pelatihan tersebut.

Ia menyatakan, serangkaian pelatihan buat pasukan dalmas ini selama ini rutin dilakukan. Namun, menjelang Pilgub, latihannya ditingkatkan. Latihan mengendalikan massa (dalmas) dalam ikatan peleton perlu dilakukan agar anggota paham dan tidak ragu-ragu lagi menghadapi massa.

Ditambahkan, pelatihan ini lebih ditekankan pada teknis pengendalian massa dalam berbagai metode. Termasuk pelatihan formasi dalmas dan cara penggunaan alat pendukung dengan tepat.

Selain meningkatkan kemampuan dan ketrrampilan individual, pelatihan juga bertujuan untuk membangun kerjasama yang kompak di jajaran peleton dalmas. Diharapkan melalui pelatihan ini, semua personil mampu melaksanakan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...